spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Babak 16 Besar Liga Champion, Leipzig Kubur Mimpi Mourinho

    LEIPZIG, FOKUSJabar.id: Mimpi Jose Mourinho untuk membawa klub asuhannya, Totenham Hotspur, melaju ke babak perempatfinal Liga Champion kandas di Red Bull Arena, Rabu (11/3/2020) dini hari WIB.

    The Lilywhite dibantai Red Bull Leipzig 0-3. Secara agregat, Leipzig pecundangi Spur 4-0 setelah di leg pertama yang digelar di kandang Spur pun menang 1-0.

    Meski menurunkan formasi menyerang guna mengejar defisit gol 1-0, absennya Harry Kane serta Song Heung-min membuat serangan Spur dengan mudah dipatahkan pemain bertahan Leipzig. Delle Alli dan Erik Lamela belum banyak menutupi kehilangan dua penyerang kebanggaan Mourinho tersebut.

    Spur justru kebobolan pada menit sepuluh saat Marcel Sabitzer membuka keunggulan tuan rumah berkat umpan matang Timo Werner. Tendangan keras kapten Die Roten Bullen ini gagal dihalau Hugo Lloris. Sebetulnya Leipzig berhasil membobol gawang Lloris untuk kedua kalinya saat Werner meneruskan umpan silang Angelino. Namun wasit menganulirnya karena posisi Werner dinilai off-side sebelum menerima bola.

    Tidak berselang lama, Leipzig benar-benar menggandakan skor pada menit ke-21. Sabitzer, penyerang asal Austria itu membobol gawang Spurs untuk kedua kalinya melalui sundulan keras ke sudut sempit setelah menerima umpan silang dari Angelino. Hugo Lloris pun tak kuasa menahannya meski bola sempat berhasil ditepis namun tetap masuk ke gawangnya.

    Spurs bukannya tanpa serangan. Tiga menit menjelang bubaran babak pertama, Giovani Lo Celso berhasil mengancam gawang Spur. Namun tendangannya berhasil ditepis Peter Gulacsi, penjaga gawang RB Leipzig.

    Di babak kedua, Leipzig tetap bermain solid dan semakin menyulitkan Tottenham mengembangkan permainan. Mereka beberapa kali terancam melalui pergerakan Patrik Schick dan Werner.

    Pada babak kedua, Tottenham terus berusaha menekan demi mencari gol balasan. Menit ke-74, Lucas Moura, mendapatkan kesempatan emas, tapi lagi-lagi ketenangan Gulacsi berhasil menjaga gawang Leipzig tetap aman. Petaka bagi Tottenham justru semakin bertambah.

    Pemain pengganti, Emil Forsberg, yang baru masuk pada menit ke-87, hanya butuh waktu kurang dari semenit untuk mencatatkan namanya di papan skor sekaligus memastikan kemenangan Leipzig menjadi 3-0 setelah sepakannya yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti sukses membobol gawang Tottenham.

    Pelatih Tottenham Hotspurs, Jose Mourinho mencoba menenangkan pemainnya Lucas Moura usai dikalahkan Leipzig di leg kedua Liga Champion. (FOTO: independent.co.uk)

    Juru taktik Tottenham, Jose Mourinho mengklaim jika faktor kelelahan dan banyaknya pemain inti yang cedera menjadi penyebab kekalahan timnya di markas Leipzig. Seperti diketahui, pada laga tersebut, Tottenham tak diperkuat Harry Kane, Son Heung-min, dan Steven Bergwijn karena cedera.

    “Dengan segala keterbatasan, para pemain telah berjuang sebaik mungkin. Namun, dari sisi mental, sangat sulit bagi mereka ketika berada di lapangan,” ujar Mourinho kepada Spurs TV seusai laga seperti dikutip kompas.com.

    Kegagalan mengulang sukses musim 2018/2019, Mourinho pun akan mengalihkan fokus untuk meraih hasil maksimal di sisa musim ini. Pelatih asal Portugal ini pun berharap penggawa intinya bisa segera pulih dari cedera. Pasalnya, The Lilywhite akan melakoni laga berat pada lanjutan pekan ke-30 Liga Inggring dengan menjamu Manchester United, Minggu (15/3/2020) mendatang.

    “Saya sangat berharap Harry Kane dan Sonny (Son Heung-min) bisa segera kembali dan membantu kami meraih posisi sebaik mungkin. Ini musim yang luar biasa, tetapi tidak menguntungkan bagi kami,” tegas Mourinho.

    Sementara allenatore RB Leipzig, Julian Nagelsmann menyebut jika keberhasilan timnya lolos ke babak 8 besar Liga Champion merupakan momen luar biasa. Pencapaian ini pun menjadi sejarah baru bagi Die Roten Bullen yang lolos ke perempat final Liga Champion untuk kali pertama.

    “Ini momen luar biasa bagi sejarah klub dan bagi saya sebagai manajer. Kami benar-benar layak lolos ke babak berikutnya. Kami memiliki kendali atas kedua pertandingan, mencetak empat gol dan tanpa kebobolan,” ujar Nagelsman seperti dilansir BBC.

    Menghadapi babak berikutnya, Nagelsmann mengaku tidak gentar meski dengan ‘amunisi’ para pemain muda.

    “Bagus jika kamu memiliki tim muda yang memiliki banyak kepercayaan diri,” pungkasnya.

    Sementara di laga lain, wakil Italia, Atalanta memastikan diri melaju ke babak perempat final Liga Champion setelah menang 4-3 atas Valencia pada laga tanpa penonton di Mestalla, Rabu (11/3/2020) dini hari WIB.

    Juru gedor klub berjuluk La Dea (Sang Dewi), Josip Ilicic menjadi bintang pada laga tersebut. Pesepakbola jangkung berkewarganegaraan Slovenia ini memborong empat gol bagi timnya. Sementara tiga gol Valencia dicetak Kevin Gameiro pada menit 21 dan 51, serta Ferran Torres pada menit 67.

     

    (Refa/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img