spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Menjenguk Aktivitas di Lembur Kaulinan Cibunar

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Lembur Kaulinan Cibunar di Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, semula adalah tempat gerakan budaya melestarikan kaulinan Sunda.

    Lahan datar beralas tanah, background kebun bambu, dan setingan pagar kayu berwana warni, menjadikan suasana lembur yang berharmoni dengan alam. Suasana itu lalu dirasa dapat memabangun kekeluargaan, harmonisasi, kebersamaan yang bersahabat.

    Kegiatan formal menjadi santai namun tetap berjalan serius. Satu persatu beberapa lembaga mengunjungi Lembur Kaulinan Cibunar, lalu mereka meminta izin pinjam tempat untuk kegiatan kelompok mereka kepada tuan rumah Deni WJ.

    Beberapa diantaranya, PKH Kab.Ciamis, KB, BNNK, serta lainnya. Terbaru lembur kaulinan dijadikan tempat Dasa Lomba oleh UPTD KB Kecamatan Sadananya, pada Rabu 4 Maret 2020.

    Dasa Lomba digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 dan rangkaian Hari Jadi Ciamis ke-378 yang puncaknya 12 Juni 2020.

    Tuan rumah pegiat Lembur Kaulinan Cibunar Deni WJ, mengataian, meski pihaknya sebatas tuan rumah tetapi, dirinya berhak turut membicarakan teknis acara.

    Berkegiatan di Lembur Kaulinan, tidak afdol jika tidak ‘ulin’. ” Makanya di nb pembuka acara, semua ulin bareng, dan kami iringi mereka musik,” kata Deni WJ, di Lembur Kaulina, Jumat (6/02020).

    Tuan rumah juga menetapkan aturan, tidak boleh bawa makanan dari luar. Makanan sebagai konsusmi kegiatan, adalah makanan yang diolah oleh ibu-ibu di Cibunar.

    “Di bisokop saja kan tidak boleh bawa makanan dari luar. Nah kita juga begitu. Makanannya, karya ibu-ibu di kampung ini,” ujar Deni.

    Pegiat Budaya di Lembur Kaulinan, mengisi waktu makan, dengan mempersembahkan beberapa lagu.

    Kegiatan lomba berlangsun secara berkelompok. Perwakilan UPTD KB, mengapresiasi kegiatan yang bernuansa kekeluargaan itu. (DH).**

    Berita Terbaru

    spot_img