spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Dendam Terbalaskan, Bandung bjb Tandamata Bungkam Juara Proliga 2019

    GRESIK, FOKUSJabar.id: Misi membalas kekalahan di putaran 1 Proliga 2020 atas juara Proliga 2019, Jakarta PGN Popsivo Polwan, berhasil dituntaskan dengan sempurna tim Bandung bjb Tandamata. Aprilia Manganang cs berhasil menekuk tim Jakarta PGN Popsivo Polwan dalam pertarungan tiga set dengan skor 25-18, 25-17, dan 27-25 pada laga lanjutan seri pertama putaran II Proliga 2020 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020) malam.

    Sempat tertinggal di awal set pertama, perlahan-lahan tim Bandung bjb Tandamata mulai mengejar. Receive serta blok yang rapat disertai serangan dari spike keras Aprilia Manganang dan Nikoleta Perovic membuat tim Bandung bjb Tandamata mengejar ketertinggalan poin mereka atas Jakarta PGN Popsivo Polwan.

    Tim Bandung bjb Tandamata pun berhasil menyamakan skor .. Permainan Aprilia Manganang cs pun semakin membaik, dari sisi receive maupun blok yang menjadi kekurangan di putaran 1 Proliga 2020. Setter Tri Retno Mutiara pun dengan leluasa menyusun serangan tim Bandung bjb Tandamata sehingga mampu menutup set pertama dengan skor 25-18.

    Pada set kedua, anak asuh Risco Herlambang ini makin mendominasi laga. Aprilia Manganang serta Nikoleta Perovic pun terus membombardir pertahanan Jakarta PGN Popsivo Polwan yang di set kedua mulai menurunkan Amalia Fajrina.

    Namun, receive serta blok yang sebelumnya menjadi kelemahan tim Bandung bjb Tandamata justru tak lagi terlihat di set kedua. Jakarta PGN Popsivo Polwan pun terluihat kesulitas membongkar pertahanan Bandung bjb Tandamata sehingga kembali menyerah dengan skor 17-25.

    Unggul 2-0, tidak membuat tekanan Bandung bjb Tandamata terhadap Jakarta PGN Popsivo Polwan mengendur. Nikoleta Perovic memulai perolehan poin Bandung bjb Tandamata di set ketiga melalui spike kerasnya.

    Pemain Bandung bjb Tandamata, Nikoleta Perovic melepaskan spike yang coba dihadang dua pemain Jakarta PGN Popsivo Polwan. (FOTO: HUMAS PP PBVSI)

    Sebaliknya, dua spiker andalan Jakarta PGN Popsivo Polwan yakni Gina Mambru serta Tijana Malesevic cukup sulit menembus bloker Bandung bjb Tandamata yang dilakukan Yolla Yuliana, Putri Andya, maupun pemain asing baru Dayse Cristian de Oliveira Figueiredo. Bandung bjb Tandamata pun terus memimpin dalam perolehan angka atas Jakarta PGN Popsivo Polwan.

    Unggul 16-12 di set ketiga, Risco Herlambang melakukan pergantian setter dengan memasukkan Komang Bumi Rekta sebagai upaya penyegaran. Jakarta PGN Popsivo Polwan pun mulai mengejar ketertinggalan poin hingga sempat unggul 24-23. Namun justru tim Bandung bjb Tandamata kembali merebut set ketiga usai spike Gina Mambru berhasil diblok dengan sempurna oleh Aprilia Manganang sehingga menang dengan skor 27-25.

    Kemenangan atas Jakarta PGN Popsivo Polwan, merupakan kemenangan ketiga tim besutan Risco Herlambang di ajang proliga 2020. Sebelumnya, Aprilia Manganang dkk meraih kemenangan atas Jakarta BNI 46 dan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jabar di putaran pertama. Tiga kemenangan ini pun memastikan tim Bandung bjb Tandamata melaju ke babak final four Proliga 2020. 

    “Target masuk ke final four sudah kita pegang, dan selanjutnya menjadi finalis Proliga 2020. Dua pemain anyar kami mampu memberikan warna tersendiri bagi performa tim hari ini, semoga bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan di laga selanjutnya,” ujar Pelatih Bandung bjb Tandamata, Risco Herlambang.

    Pemain anyar Bandung bjb Tandamata yang berposisi sebagai libero, Berllian Marsheila mencoba mengembalikan bola. (FOTO: HUMAS PP PBVSI)

    Manajer tim Bandung bjb Tandamata, Ayi Subarna mengatakan, kemenangan atas Jakarta PGN Popsivo Polwan menjadi tambahan motivasi bagi Aprilia Manganang dkk menyelesaikan sisa laga pada di putaran II Proliga 2020. Apalagi, di laga sebelumnya pada putaran I, Bandung bjb Tandamata kalah 1-3 atas Jakarta PGN Popsivo Polwan.

    “Motivasi serta kepercayaan diri para pemain semakin tinggi menghadapi sisa laga di putaran II untuk memastikan tiket ke final four. Hasil dari evaluasi putaran I, kekurangan tim sudah mulai diperbaiki dan setiap tim pun sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing di putarab II ini,” ujar manajer yang akrab disapa Upay ini saat dihubungi melalui telepon selularnya, Sabtu (29/2/2020) malam.

    Upay pun mengakui jika kehadiran dua pemain anyar yakni Dayse Cristian de Oliveira Figueiredo dan Berllian Marsheila mampu membuat tim semakin solid. Dayse dengan pengalamannya mampu membimbing para pemain lain ditambah dengan receive baik yang diperlihatkan libero Berllian Marsheila.

    “Pemain menjadi lebih tenang dalam bermain dan mampu lepas dari tekanan. Mental pemain pun lebih baik dan mampu mengatasi tekanan yang cukup kuat di kompetisi Proliga. Pemain kita itu sebenarnya para pemain yang bagus, tapi justru akan hancur jika tidak saling bekerjasama karena ini adalah olahraga tim,” terangnya.

    Upay berharap, performa apik yang ditampilkan Aprilia Manganang dkk terus dijaga dan ditingkatkan di sisa laga putaran II Proliga 2020. Lebih jauh, dirinya berharap Bandung bjb Tandamata bisa merebut gelar juara putaran II Proliga 2020. 

    “Di putaran I, kita menempati posisi tiga dibawah Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Untuk putaran II, kita ingin sapu bersih semua laga sisa karena itu para pemain jangan pernah terlena dengan kemenangan hari ini dan tetap mewaspadai kekuatan lawan meski diatas kertas kita unggul,” tegasnya. 

    Untuk putaran II Proliga 2020, Bandung bjb Tandamata menyisakan tiga laga. Dua laga akan dilakoni Bandung bjb Tandamata saat menjadi tuan rumah seri 2 putaran II Proliga 2020 di GOR C-Tra Arena Bandung, menghadapi Gresik Petrokimia Bank Jatim dan Jakarta BNI 46. Terakhir menghadapi Jakarta Pertamina Energi pada seri penutup putaran dua Proliga 2020 di GOR UNY, Jogjakarta.

     

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img