spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tahun 2020, Flyover Kopo-Leuwipanjang Bakal Dibangun

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kota Bandung akan memiliki flyover baru di tiga titik. Yakni di persimpangan Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan Jalan Laswi-Gatot Subroto yang merupakan pembangunan lanjutan serta flyover baru di perempatan Kopo-Leuwipanjang.

    Kepala Seksi Perencanaan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Melky Kuswara mengatakan, pada 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah menganggarkan dana pembangunan flyover di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi. Pada Mei 2020, pembangunan dua flyover tersebut akan dilanjutkan.

    “Untuk 2020, juga ada tambahan informasi dari Provinsi bahkan Nasional untuk program pembangunan flyover di Kopo-Leuwipanjang. Jadi di 2020 ini ada tiga flyover, dua dilanjutkan, satu yang akan dibangun,” kata Melky saat ditemui di Taman Sejarah, Jalan Aceh Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).

    Melky mengatakan, flyover yang dilanjutkan pembangunannya pada 2020 ini, baru menyelesaikan bagian bawahnya di tahun 2019. Sedangkan pada tahun 2020, akan melanjutkan bagian atas dari flyover tersebut.

    “Ada proses untuk lelangnya, kemungkinan pada akhir April atau awal Mei akan dilanjutkan. Targetnya, 2020 selesai tapi kita masih menunggu hasil lelang,” tambahnya.

    Lebih lanjut Melky mengatakan, untuk bagian bawah dua flyover tersebut hingga saat ini masih dalam masa pemeliharaan oleh pihaknya sebelum pembangunannya dilanjutkan.

    “Kalau flyover Kopo, informasi dari pusat dianggarkan untuk tahun 2020. Kita belum tahu proses lelangnya. Namun pembebasan lahannya sudah. Informasinya, hanya tersisa lima persen lagi yang belum,” tuturnya.

    Kendati demikian, Melky belum bisa memastikan terkait rancangan flyover Kopo-Leuwipanjang tersebut.

    “Kalau panjangnya berapa kilometer, kami belum paham. Yang jelas melewati Kopo dan Leuwipanjang. Pemprov Jabar juga saat ini fokus untuk Jalan Jakarta-Supratman dengan Gatot Subroto dulu,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img