spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Gaet Perum Perhutani, PT Jaswita Jadikan Rancaupas Wisata Unggulan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar PT. Jaswita bersama Perum Perhutani jalin kerjasama untuk penatakelolaan kawasan Ranca Upas di Kabupaten Bandung. Kerjasama ini sebagai dukungan untuk pengembangan wana wisata Ranca Upas yang sudah menjadi primadona wisatawan.

    Direktur Utama Jaswita Jabar, Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, penandatanganan kerjasama merupakan salah satu bentuk percepatan yang dilakukan Jaswita Jabar dalam upaya meningkatkan performa usaha perseroan di bidang pariwisata. Hal ini sejalan dengan rencana kerja Jaswita Jabar pada tahun 2020 yang fokus pada pengembangan usaha di bidang pariwisata.

    “Penandatanganan kerjasama ini merupakan salah satu upaya Jaswita Jabar untuk meningkatkan performa usaha, khususnya di bidang pariwisata. Kawasan Ranca Upas memang memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat,” kata Deni melalui rilis, Rabu (26/2/2020).

    Menurut Deni, penandatangan kerjasama dengan Perum Perhutani untuk pengembangan kawasan wana wisata Ranca Upas adalah salah satu program Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Yakni pariwisata juara yang menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan ekonomi, guna mewujudkan visi Jabar Juara Lahir batin.

    Di sisi lain, kawasan wana wisata Rancaupas merupakan salah satu sumber daya yang dimiliki oleh Perum Perhutani. Bagi Perhutani kerjasama ini pun bernilai strategis, karena merupakan salah satu upaya Perum Perhutani mengoptimalkan sumber daya.

    “Sehingga memberi kontribusi bagi perusahaan serta menghasilkan manfaat di ekologi, sosial, dan ekonomi secara optimal,” ucap Deni.

    Diketahui kawasan wana wisata Ranca Upas berlokasi di RPH Cimanggu BKPH Tambak Ruyung Timur KPH Bandung Selatan. Nota kesepahaman berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak tanggal ditandatanganinya nota kesepahaman.

    Deni menambahkan, tahun 2020 ini, selain wana wisata Rancaupas, Jaswita Jabar berencana membangun dan mengelola hotel di kawasan BIJB Majalengka, pembangunan resort dan kawasan seni budaya di Pantai Pangandaran, pembangunan hotel dan café di Jalan Ambon Kota Bandung, optimalisasi aset di kawasan Jalan Braga dan Jalan Suniaraja, pembangunan hotel di lahan bekas Hotel Corner Jalan Wastukencana, hingga pembangunan pusat logistik berikat di Cikampek Jawa Barat.

     

    (As/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img