spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Miris, Janda Tua di Ciamis Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kondisi rumah Kartini (56), warga Dusun Ciawitali RT 04 RW 08 Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Namun hingga saat ini, belum bantuan yang diperoleh untuk perbaikan rumah janda yang akrab dipanggil Ining ini.

    Ining hanya bisa diam dan tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi tempat tinggalnya. Dengan usia Ining yang tak lagi muda lagi dan hidup tanpa suami, ditambah dengan penghasilan yang tidak mencukupi untuk membangun rumah.

    BACA JUGA:

    Tebing di Panawangan Ciamis Longsor Jebol Saluran Cisalak

    Ining pun hanya bisa berdoa ada dermawan yang memiliki kepedulian merenovasi rumah miliknya. Dinding rumah Ining sudah rapuh dimakan waktu ditambah tiang-tiang rumah yang sudah tak lagi kokoh sehingga kondisi rumahnya pun miring. Ditambah dengan bagian atap rumah yang sudah rusak dimakan usia.

    (FOKUSJabar/Andri)

    Kepala Dusun Ciawitali, Ujang Nanang mengatakan, Ining merupakan janda tua. Hidupnya pun sangat memprihatinkan.

    Selama ini, Ining tinggal di rumah yang sangat tidak layak dihuni. Pihaknya pun khawatir jika sewaktu-waktu rumah Ining ambruk. Apalagi di tengah musim hujan yang kerap disertai angin kencang menerpa wilayah Ciamis.

    “Ini jelas sangat membahayakan jiwa warga kami ketika kondisi rumahnya seperti ini,” ujar Ujang Nanang kepada FOKUSJabar saat ditemui di rumah Ining, Jumat (21/2/2020).

    Ujang mengaku, selama ini pihaknya bukan tidak pernah melakukan upaya. Pihaknya sudah mencoba mengajukan permohonan bantuan rutilahu ke pihak-pihak terkait.

    “Namun hingga saat ini, belum pernah ada respon atau tanggapan serius dari pihak terkait,” pungkasnya.

    (Andri/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img