spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Tanam Jahe, Emil: Pertanian Sistem Off Taker Harus Dikembangkan

    SUBANG,FOKUSJabar.id:Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi langkah bank bjb dan Argo Jabar yang bersinergi menggelar tanam perdana komoditas jahe di Desa Manyingsal,Cipunagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (19/2/2020).

    Sinergi yang terjadi ini menandakan bahwa kedua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu terus membaik. 

    “BUMD Jabar sudah mulai menampakkan kesehatan dan semakin prima. Butuh 12 bulan lebih mereformasi cara berbisnis yang baik dan memberikan SDM baru yang hasilnya juga mengemuka,” kata Emil. 

    Komoditas jahe ini, kata dia, bernilai ekonomi, baik untuk konsumsi lokal maupun ekspor. bjb dan Argo Jabar akan menanam jahe merah di lahan 100 hektar melalui modal dari bank bjb senilai Rp13 milyar.

    “Pembelinya sudah ada bahkan siap. Sebuah pertanian dengan sistem ekonomi yang sudah siap (off taker). Ini sebenarnya yang harus dikembangkan,” kata dia.

    Dalam kesempatan itu Emil mengintruksikan OPD terkait agar mendata dan meningkatkan produksi produk-produk pertanian yang ramai di pasaran.

    Emil pun meminta Agro Jabar untuk pro aktif mencari lahan di kabupaten/kita di Jabar guna mengembangkan produk/produk itu.

    “Maka dimulai dulu kalau kita cerdas dengan mengawinkan database, apa yang laku di pasar diterjemahkan dengan kebutuhan Jawa Barat, kemudian diterjemahkan berapa kebutuhan tanahnya,” kata dia.

    Sementara itu, Dirut PT Agro Jabar (Perseroda) Kurnia Fajar mengatakan bahwa jahe sangat diminati di Eropa. Nantinya jahe yang di tanam di Subang ini akan diekspor ke Eropa dan Korea Selatan.

    “Kenapa jahe? karena Jabar memiliki agroklimat yang cocok dan sejarah sudah membuktikan bahwa dari lima besar rempah Indonesia yang dicari Eropa adalah jahe,” kata Kurnia.

    Penanaman jahe melalui kerja sama dengan bank bjb ini, kata Kurnia, sebagai bagian dari pelaksanaan RKAP 2020 dan untuk memenuhi kontrak-kontrak kerja sama dengan beberapa perusahaan yang membutuhkan komoditas jahe sebagai bahan baku industrinya.

    Direktur Consumer dan Retail bank bjb Suartini menyebut upaya kolaborasi tersebut sebagai komitmen bjb dalam mendukung program dan pembangunan ekonomi di Jabar.

    “Bank bjb senantiasa mendukung kegiatan usaha yang memiliki fundamental keuangan usaha yang cukup baik, sebagaimana dimiliki PT Agro Jabar,” kata Suartini.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img