spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    AS Kritik Virus Corona, WHO Bela Cina

    CINA, FOKUSJabar.id: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela Cina terkait respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona.

    Kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan, Cina sejauh ini telah melakukan berbagai upaya kolaborasi dengan komunitas internasional untuk menangani penyebaran corona.

    “Dari sudut pandang kami [WHO], kami melihat pemerintah sudah bekerja sama dengan kami. Saya tidak melihat komentar Kudlow [Kepala Dewan Ekonomi AS, Larry Kudlow] bahwa China sulit mengatasi masalah ini,” kata Ryan seperti dilansir CNN, Sabtu (15/2/2020).

    Ryan mengatakan tidak mau mengeluarkan tuduhan apapun, termasuk soal penilaian AS yang menyebut Cina terkesan menutup-nutupi perkembangan kasus virus corona.

    “Bukan saatnya untuk mengeluarkan tuduhan. Saat ini semua orang harus fokus menangani dan menghentikan penyebaran virus corona,” ujarnya.

    “Kami akan menunggu penyelidikan forensik terkait apa pun sampai kami berhasil menangani virus ini, kami berharap,” tambahnya.

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Geng Shuang mengatakan pihaknya telah terbuka dan transparan kepada dunia dalam menyampaikan informasi perkembangan wabah virus corona. Ia juga mengatakan kerap memperbarui informasi mengenai epidemi dengan AS.

    Sebelumnya, Penasihat Ekonomi AS, Larry Kudlow, menyatakan kekecewaan atas sikap Cina yang terkesan tertutup dalam menangani krisis virus corona.

    “Kami sedikit kecewa karena kami tidak diundang dan kami sedikit kecewa dengan kurangnya transparansi dari Cina,” ucap Kudlow kepada awak media, Kamis (13/2/20120).

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img