spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Percasi Kota Bandung Terus Tingkatkan Kualitas Atletnya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung terus meningkatkan kemampuan para atletnya. Salah satunya dengan menggelar beberapa rangkaian kejuaraan di tahun 2020.

    Ketua Harian Pengcab Percasi Kota Bandung, Salahudin Al Ayubi menuturkan, kejuaraan yang akan digelat pun menjadi ajang bagi pihaknya mempersiapkan atlet untuk Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Jawa Barat tahun 2020. Terdekat, pihaknya akan menggelar Liga catur Percasi Kota Bandung pada Maret 2020 yang digelar rutin dua minggu sekali.

    “Kejuaraan bentuknya home tournamen dan menjadi ajang mengasah kualitas atlet,” ujar Ayub (sapaan akrab Salahudin Al Ayubi) di Sekretariat Percasi Kota Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/2/2020).

    Sementara untuk pelaksanaan Kejuaraan Cabang (Kejurcab) Percasi Kota Bandung, Ayub mengaku, akan digelar pada bulan April mendatang. Kejurcab pun menjadi ajang seleksi atlet Kota Bandung yang akan dikirimkan untuk Kejurda Catur Jabar tahun 2020 yang rencananya digelar pada Juli 2020.

    “Paa kejurcab akan digelar pertandingan untuk semua kelompok usia. Mulai dari kelompok usia A hingga G atau di bawah 19 tahun putra putri, sampai kelas senior atau 19 tahun ke atas. Untuk nomor yang dipertandingkan, kita akan sesuaikan dengan nomor di kejurda,” terangnya.

    Melalui ajang kejurcab, lanjut Ayub, pihaknya berharap akan lahir atlet-atlet catur potensial. Apalagi, Kota Bandung bertekad mempertahankan gelar juara umum pada Kejurda Catur Jabar pada Juli 2020 mendatang.

    Pada Kejurda Catur Jabar tahun 2019, tim catur Kota Bandung menyabet gelar juara umum dengan raihan 5 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Prestasi tersebut melampaui target empat medali emas yang sebelumnya dicanangkan Percasi Kota Bandung.

    “Prestasi yang harus kita pertahankan di kejurda tahun 2020. Dengan persiapan yang baik, termasuk melalui kejuaraan, kita yakoin bisa mempertahankannya,” tegasnya.

    Selain menggelar berbagai kejuaraan, Ayub mengaku jika Percasi Kota Bandung akan mengupayakan pengirman atlet ke berbagai kejuaraan kompetitif. Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas atlet catur Kota Bandung.

    “Atlet-atlet junior ini kita akan coba fasilitasi untuk mengikuti open tournament sehingga kemampuaanya tidak terlalu jauh dengan atlet utama. Begitu pun dengan atlet senior yang akan dipersiapkan untuk Porda Jabar XIV tahun 2022,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img