spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Garut Siap Perjuangkan DOB Gatra, Forkoda Jabar: Limbangan Sangat Layak

    GARUT,FOKUSJabar.id: Wakil Ketua 2 DPRD Garut, Agus Hamdani mengatakan, para wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) II siap mengawal sekaligus memperjuangkan aspirasi masyarakat Garut Utara (Gatra) terkait Daerah Otonomi Baru (DOB).

    “Intinya kami siap mengawal dan memperjuangkannya. Terlebih, tak seorang pun anggota DPRD Garut yang menolak DOB Kabupaten Limbangan,” kata Agus Hamdani di Aula PT Noor Abika Tour, Jalan Raya Limbangan, Sabtu (8/2/2020).

    Menurut dia, perjuangan masyarakat Gatra sudah hampir delapan tahun. Karenanya, kita bersama-sama mendorong dan mendukung proses DOB Kabupaten Limbangan.

    Baca Juga: Mikha Tambayong Menangis Saat Rekaman

    “Sebelum pembahasan anggaran (April 2020), saya pastikan DOB Kabupaten Limbangan sudah dibahas di pimpinan DPRD dan sudah bisa paripurnakan seperti DOB Kabupaten Garut Selatan. Mari kita kawal bersama proses politik ini,” ajak Agus Hamdani.

    Bayu Risnandar dari Forum Kordinasi Daerah (Forkoda) Jawa Barat mengaku heran kalau Limbangan tidak bisa dimekarkan. Bagaimana tidak, daerah tersebut memiliki berbagai potensi dan layak DOB.

    Untuk itu, dia berpesan agar action dan proses politiknya harus dimaksimalkan. Segera usulkan persyaratan pembentukan DOB, Administrasi, kewilayahan dan persyaratan kapasitas daerah hingga terbit persetujuan bersama DPRD dan Bupati.

    “Yang terpenting punya tiket dulu dengan melengkapi persyaratan pembentukan DOB, Administrasi, kewilayahan dan persyaratan kapasitas daerah. Setelah itu, pemerintah pusat yang akan menentukannya,” tegas Bayu.

    “Limbangan Ngadaun Ngora harus menjadi motivasi dan para anggota DPRD juga punya hak inisiatif untuk mengajukan persetujuan bersama Bupati,” pungkasnya.

    Sebelumnya FOKUSJabar.id mengabarkan, sejumlah anggota DPRD Garut dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, Komisi 1 bersama Forum Komunikasi Nasional (Forkonas), Paguyuban Masyarakat Garut Utara dan pengurus Komite Percepatan Pembentukan (KPP) Daerah Otonomi Baru (DOB) Limbangan gelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula PT Noor Abika Tour, Jalan Raya Limbangan, Sabtu (8/2/2020).

    Ketua Umum (Ketum) PM Gatra, Holil Aksan Umar Zein menegaskan, pertemuan tersebut untuk membahas persiapan sekaligus mewujudkan DOB dan mengembalikan masa kejayaan Kabupaten Limbangan (Limbangan Ngadaun Ngora).

    Dia mengapresiasi para wakil rakyat Dapil II khususnya, yang telah peduli terhadap perjuangan DOB Kabupaten Limbangan. Pihaknya mengaku percaya diri bahwa Garut Utara layak dan memenuhi syarat memiliki pemerintahan sendiri.

    “Kami optimistis Garut Utara memenuhi syarat dan layak memiliki tiket untuk diusulkan menjadi DOB,” ungkapnya.

    Menurut dia, Garut Utara merupakan daerah strategis dan tak menutup kemungkinan menjadi Daerah Metropolitan karena memiliki fasilitas serta jalur penghubung antarprovinsi dan Kabupaten (Sumedang, Tasikmalaya dan Bandung).

    Oleh karena itu, Garut idealnya dibagi menjadi tiga (Kabupaten Garut Selatan, Kota Garut dan  Kabupaten Garut Utara (Kabupaten Limbangan).

    “Terlebih, Kabupaten Limbangan pernah ada. Tentunya kami berharap kejayaannya kembali terwujud dengan DOB Kabupaten Limbangan,” imbuhnya.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img