spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Hendra Ebo Tuding Kesbangpol Ciamis Persulit Izin Penelitian untuk Mahasiswa

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Praktisi Hukum yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Galuh Hendra Ebo Sukarman menegaskan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis harus evaluasi para Pegawai Kesbangpoll Ciamis.

    “Sesuai aturan yang berlaku ketika mahasiswa akan melakukan sebuah penelitian dan meminta sebuah data harus ada surat rekomendasi pengantar dari Kantor Kesbangpol, Namun sejauh ini para mahasiswa mengeluh dengan jelimetnya aturan yang berlaku .”ucapnya, Senin, (3/02/2020).

    Hendra menuturkan , mendengar keluhan para mahasiswa, selaku dosen, pihaknya meminta DPRD Ciamis mengevaluasi system kerja Kesbangpol, dengan indikasi bahwa Kesbang selalu mempersulit dan membuat aturan sendiri yang menjelimet. Membuat para mahasiswa ilfiel .

    ” Ada beberapa mahasiswa dikami yang harus bulak balik ke kantor Kesbang dan merasa sangat sulit Untuk mendapatkan surat rekomendasi penelitian ,” katanya.

    BACA JUGA: Video 2 Menit Pemuda Ciamis Ini Bikin Merinding

    Hendra menyayangkan , mengacu kepada aturan yang berlaku sesuai dengan undang-undang No.14 tahun 2008 mengenai keterbukaan informasi Publik harusnya kantor kesbangpoll lebih mempermudah para mahasiswa dalam mengakses sebuah data dan informasi yang ada di kabupaten Ciamis .

    “Harusnya kesbang mengetahui bahwa penelitian memegang peranan sangat penting dalam memberikan fondasi terhadap tindak serta keputusan dalam segala aspek pembangunan . Maka saya harapkan DPRD Ciamis untuk memanggil dan mengevaluasi pada pegawai kesbangpoll Ciamis .”tegasnya.

    Sementara itu Kasi Politik Dalam Negri Kesbangpol Ciamis Dede membenarkan sesuai aturan permendagri nomer 64 tahun 2011 Bahwa rekomendasi penelitian yang disampaikan kepada Bupati melalui SKPD . SKPDnya yaitu yang membidangi kesatuan bangsa (Kebangpoll) .

    ” Memang ketika ada mahasiswa yang akan melakukan sebuah penelitian harus mengirim surat rekomendasi terlebih dahulu kepada kami dan nantinya kami akan mengeluarkan rekomendasi atas dasar permohonan penelitian kepada dinas terkait itu merupakan sebuah prosedur yang harus ditempuh .” jelasnya.

    Menurut Dede , sejauh ini pihaknya merasa tidak pernah mempersulit pembuatan surat rekomendasi untuk penelitian asal semuanya sesuai dengan persyaratan .

    ” Padahal kalau berkas persyaratan lengkap dalam waktu 10 menit sudah beres .”jelasnya.

    Dede menerangkan, untuk mempercepat sebuah pelayanan pihaknya melakikan sebuah inovasi dengan membuat sebuah website Sikopet.Ciamiskab.co.id dimana di situ informasi terkait prosedur dan berkas persyaratan bisa dilampirkan secara online .

    ” Langsung sajah mahasiswa bisa mengakses via web kami dan melampirkan berkas secara online .ketika ada yang kurang akan ada notifikasi dari kantor melalui email, sehingga memudahkan para mahasiswa, tidak harus bulak balik kekantor kesbangpoll Ciamis dalam pembawaan data dan ini gratis.” pungkasnya.

    (fansyah/dar )

    Berita Terbaru

    spot_img