spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Dukung Bandung ‘Caang Baranang’, PT LEN Hadirkan Solar Tree Len di Alun-Alun Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: PT LEN Industri membuat salah satu terobosan yang sudah dilakukan sejak tahun 1985 silam yakni Solar Tree Len atau solar cell. Kini, karya tersebut menghiasi taman alun-alun Kota Bandung dan sudah dipasang di empat titik.

    Solar Cell merupakan suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Efek photovoltaic itu sendiri adalah suatu fenomena, di mana muncul tegangan listrik karena adanya suatu hubungan atau kontak dari dua elektroda. Keduanya dihubungkan dengan sistem padatan atau cairan saat mendapatkan energi cahaya.

    “Hal itulah yang kami lakukan untuk mengantisipasi cadangan bahan bakar yang sudah menurun. Salah satunya penggunaan pembakaran bahan bakar pribadi yang meningkat,” ucap Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri, Priadi Ekatama Sahari, pada acara peresmian Solar Tree Len di Taman Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jawa Barat, Kamis (30/1/2020).

    Priadi mengatakan, kekuatan energi matahari yang tidak terbatas bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Sebab, Solar Tree Len yang dipasang di Alun-alun Bandung di desain sangat inovatif.

    “Kami mengambil inspirasi dari organik yaitu pohon yang menambah keindahan kota. Memilih bentuk pohon, karena cukup menarik dan indah. Selain efektif memberi penerangan dalam mengumpul energi matahari, Solar Tree Len juga bisa dimanfaatkan sebagai tenaga untuk mengecharge handphone dan lainnya,” jelas Priadi.

    Lewat kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Priadi berharap bisa ikut mensupport program Pemkot Bandung Caang Baranang (Terang Benderang). Kedepan, sedang diupayakan untuk bisa memasang Solar Tree Len di lokasi lainnya di Kota Bandung.

    “Perangkat Solar Tree Len bekerja dengan memanfaatkan energi matahari yang diubah dalam energi listrik yang disimpan dalam batere. Dan bisa kita gunakan terus menerus, semoga dapat bermanfaat pengunjung Alun-alun secara umum. Sehingga kegiatan kita dapat maksimal. Semoga kerjasama ini dapat berjalan terus,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img