spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Wali Kota Tasikmalaya Resmikan Pembangunan Fisik Rp500 Milyar

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Sejumlah kegiatan pembangunan fisik tahun anggaran 2019 lalu yang telah rampung diresmikan langsung Wali Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Budi Budiman.

    Peresmian dilakukan di lokasi mega proyek flayover jalan lingkar utara, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Selasa (28/1/2020).

    Secara umum, sebanyak 2.200 paket kegiatan fisik di tahun 2019 tersebar di 10 kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya telah rampung dikerjakan dengan menelan anggaran sekitar Rp500 milyar.

    Budi Budiman mengatakan, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah sebagai bentuk layanan dan fasilitas bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat.

    “Peresmian ini untuk memastikan bahwa pekerjaan kegiatan infrastruktur telah rampung dikerjakan, selesai sesuai target waktu sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” ungkap Wali Kota.

    Menurut Budiman, seluruh kegiatan pembangunan di tahun 2019 mampu diselesaikan dengan optimal sehingga berdampak baik terhadap penyerapan keuangan daerah.

    “Berjalannya proses pembangunan yang maksimal sehingga penyelenggaraan anggaran tahun 2019 mencapai 97,27 persen. Jadi hampir seluruh anggaran dapat terserap,” kata dia. 

    Dirinya juga menyebutkan, pembangunan yang laksanakan tidak lain untuk melakukan pemerataan pembangunan di daerah. Dengan begitu, tidak ada lagi wilayah tertinggal.

    “Pemerataan pembangunan merupakan strategi yang diwujudkan. Tapi yang paling penting adalah pembangunan ini mampu berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat kemiskinan,” imbuhnya. 

    “Alhamdulillah, selama tiga tahun terakhir ini turun. Berdasarkan data BPS, tahun 2017 (13,06 persen), 2018 (12,72 persen) dan tahun 2019 (11,06 persen). Ini berkat kerjasama semua pihak dalam mendorong serta mendukung program-program yang dilaksanakan pemerintah dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img