spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Forum Peduli Lingkungan Ciamis Ajak Milenial Peduli Kebersihan Lingkungan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sebagai salah satu bentuk kepedulian pada lingkungan, Forum Peduli Lingkungan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan BUMDES setempat menggiatkan bersih–bersih sungai di area sekitaran sungai Cireong.

    Kegiatan sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan yang sering kali diabaikan warga maupun pengunjung di sejumlah areal wisata dan dilingkungan sekitar tempat tinggal.

    Ketua Forum Peduli Lingkungan, Dian Ghozin mengatakan, hal kecil yang dilakukan dengan menjaga kebersihan dan merawat lingkungan akan berdampak besar bagi kehidupan di masa yang akan datang.

    Dirinya berharap untuk mewujudkan Tatar Galuh yang lebih hijau, bersih, rapi dan asri. Namun hal itu dapat terwujud apabila mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat.

    “Alhamdulillah, kita kemarin bisa langsung action setelah membentuk komunitas peduli lingkungan lima hari ke belakang. Apalagi disini banyak milenial yang dilibatkan sebagai bentuk pendidikan karakter akan kepedulian lingkungan, kedepan kita akan turun dalam aksi kepedulian penghijauan,” ujar Dian, Senin (27/1/2020).

    Dian Ghozin menuturkan, saat ini tidak jarang masyarakat yang hanya menitikberatkan kebersihan ditangan pemerintah, tanpa menyadari tanggung jawabnya sebagai seorang warga.

    Dian menambahkan khusus di sekitaran sungai, pengunjung harus bisa dan sadar dalam menjaga kebersihan. Pengelola objek wisata milik swasta maupun Bumdes pun diharapkan bisa menambah lagi tempat sampah dan terus mengingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan.

    Sekretaris BUMDES Fuad Hasan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan komunitas Peduli Lingkungan. Apalagi banyak melibatkan kaum milenial.

    Menurutnya, orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk lingkungan merupakan orang yang hebat. Karena orang tersebut tidak hanya dirinya yang merasakan dampak dari menjaga kebersihan lingkungan, tapi juga untuk kehidupan orang lain dan anak cucunya kelak.

    “Alhamdulillah, kegiatan juga dihadiri Babinmas dan Babinsa untuk ikut turut serta menjaga kebersihan lingkungan. Kami berharap kegiatan bisa mengakar lagi sehingga memberikan kesadaran akan kebersihan lingkungan kepada masyarakat,” tegasnya..

    (Riza M Irfansyah/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img