spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Tahun 2020, Pemprov Jabar Fokus Selesaikan Bagian Hilir Citarum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tahun 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bakal fokus selesaikan pekerjaan Citarum bagian hilir. Tahun sebelumnya (2019), telah rampung menyelesaikan bagian hulu.

    Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Linda Al Amin mengatakan bahwa pekerjaan di hulu Citarum, pihaknya bersama Kemen PUPR telah menyelesaikan terowongan Nanjung Curug Jompong.

    “Terbukti dengan dengan terowongan Nanjun, akhir 2019 lalu banjir di Bandung Selatan tertanggulangi,” kata Linda pada Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (16/1/2020).

    Secara umum, kata dia, bagian hulu Citarum sudah selesai dikerjakan atau tinggal beberapa hal kecil non teknis, seperti pekerjaan struktural yang akan dituntaskan tahun 2020.

    Tahun 2020 ada pekerjaan besar yang akan direalisasikan, khususnya bagian hilir sungai Citarum di Karawang, yakni Cilamaya. Kemudian ada bendungan Cibeet di Kabupaten Bogor.

    “Ini lintas kabupaten dan masalah pada pemanfaat antara Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Bekasi. Ini perlu koordinasi antara Pemda, Pemprov dan pemerintah pusat,” kata dia.

    Sebagai konpensasi dari pembangunan Bendungan Cibeet, akan ada pembangunan Waduk Cijuray Bogor. Ke depan Cijuray akan dirasakan oleh masyarakat Bogor sebagai irigasi. 

    “Kami harap bisa selesaikan Cibeet. Setelah itu, baru ke Waduk Cijuray hingga nanti tahun 2021,” kata Linda.

    (AS/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img