spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Siap Galakan Wisata Edukasi Muatan Lokal

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Iing Ahmad Rifai mengaku akan menjalin komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis untuk menggalakan edukasi budaya lokal.

    Menurut Iing, Kabupaten Ciamis memiliki sejarah yang besar dengan peninggalan ke-Galuh-anya. Seperti peninggalan sejarah Astana Gede, Situ Lengkong Panjalu, Karangkamulian dan banyak lagi lokasi yang memiliki muatan edukasi sejarah.

    “Kita ingin generasi muda Ciamis memiliki pengetahuan tentang kearifan lokal di daerahnya sendiri yang tentu memiliki nilai-nilai luhur dan dapat diterapkan sebagai pondasi karakter dalam menghadapi perkembangan zaman,” ujar Iing, Rabu (15/1/2020)

    Sementara Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Endang menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, edukasi muatan lokal sudah diagendakan sesuai surat anjuran dari Bupati Ciamis terhadap penguatan muatan budaya lokal di Kabupaten Ciamis terutama terkait sejarah Galuh.

    “Kita sedang mensosialisasikan hal ini kepada pihak sekolah. Wisata jangan jauh-jauh dulu ke luar daerah, di Ciamis banyak yang bisa dijadikan landasan edukasi kearifan lokal. Kita akan galakan di tahun 2020 ini, tapi kembali semua berdasarkan kebijakan managemen sekolah masing-masing,” tegas Endang.

    (Riza M IRfansyah/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img