spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    BIJB Kertajati sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji 2020

    MAJALENGKA, FOKUSJabar.id: BIJB, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara Embarkasi/Demarkasi Haji 2020 dari Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

    ” Saya ucapkan syukur Alhamdulillah, perjuangan yang sangat panjang,” kata Uu di Terminal Keberangkatan Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Selasa (7/1/2020).

    ” Ini luar biasa, karena jemaah haji Jawa Barat jumlahnya besar. Termasuk untuk umrah. Harapan kami, juga sudah mengarahkan ke para Kepala Kemenag Kabupaten/ Kota untuk mengajak masyarakat umrah lewat Kertajati,” tambahnya.

    Baca Juga: MPC PP Ciamis Gelar Konsolidasi Organisasi

    Menurut Uu, SK tersebut menggambarkan bahwa bandara Kertajati sudah memenuhi semua syarat untuk jadi Embarkasi/Debarkasi Haji.

    Terkait asrama haji, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Kementerian Agama RI sepakat membangun asrama haji di Kabupaten Indramayu. Sedangkan, pada 2020, asmara haji Bekasi masih akan digunakan.

    ” Asrama haji sudah diputuskan di Indramayu, untuk pemerataan (pembangunan) Jawa Barat. Tahun ini sedang dibangun. Mudah- mudahan tahun depan, 2021 baru bisa,” katanya.

    Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan, BIJB Kertajati sudah siap dan layak digunakan sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji 2020. Dia juga mengingatkan kepada pengelola BIJB Kertajati, GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei.

    ” Alhamdulillah, hari ini kita putuskan bersama kalau BIJB akan kita gunakan sebagai lapangan Embarkasi/Debarkasi Haji 2020,” ucapnya.

    Fachrul berharap, BIJB Kertajati semakin terkenal setelah menjadi Embarkasi/Debarkasi Haji 2020.

    Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah.

    Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

    ” Inilah saat yang ditunggu-tunggu muslim Jabar, penetapan Bandara Kertajati sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji,” katanya.

    (Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img