spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Kemendag Nobatkan Kota Bandung Sebagai Daerah Tertib Ukur

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: kemendag, Kota Bandung mendapat penghargaan sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) 2019 dengan predikat sangat memuaskan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia.

    Apresiasi diberikan atas capaian pasar tertib ukur di 27 unit pasar rakyat di Kota Bandung

    ” Alhamdulillah, kita dapat penghargaan ini karena semua yang menggunakan timbangan dan ukuran di Kota Bandung dinilai baik dan tertib,” ucap Wakil Wali Kota (Wawalkot) Bandung, Yana Mulyana saat ditemui di Pasar Cicadas Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (20/12/2019).

    Baca Juga: Triumph Rocket 3 GT dan 3 R Dijual di Indonesia

    Yana menuturkan, penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras Pemkot Bandung dengan beragam inovasinya.

    Diantaranya, menghadirkan Tukang Uji Timbangan (Kang Ujang) yang ditempatkan ke pasar-pasar untuk melakukan pemeriksaan berkala terhadap alat-alat Ukur, Takar, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP).

    ” Salah satu inovasi kita Kang Ujang diapresiasi karena mereka selalu berkeliling dan update. Karena timbangan itu dinamis, sehingga timbangan dan alat ukur harus selalui dikalibrasi,” ujarnya.

    Menurutnya meski pun Kota Bandung dinobatkan sebagai Dareh Tertib Ukur, masih ada SPBU yang nakal.

    ” Ada satu SPBU ditemukan memakai alatnya canggih pakai remot kalau ada pemeriksaan. Dia pijit remotnya, tapi lumayan dia bisa ambangnya 0,3 dia bisa 0,8 per liter. Itu sudah masuk pidana,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img