spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Musim Hujan Tiba, Tumpukan Sampah Warnai Jalanan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Memasuki musim hujan, sejumlah ruas jalan dipenuhi sampah yang terseret aliran air hujan. Tumpukan sampah pun membuat genangan air meluap hingga mengganggu pengguna jalan.

    Berdasarkan pantauan FOKUSJabar, tumpukan sampah terlihat di ruas jalan Iwa Koesuma Sumantri dan Jalan RAA Sastrawinata. Warga Kertasari Kelurahan Ciamis Kabupaten Ciamis Ganjar Ridwansyah mengaku, setiap tahun ketika memasuki musim hujan, kondisi jalanan di Ciamis selalu seperti ini. Sampah yang mengendap berbulan-bulan saat musim kemarau, meluap menutupi jalan terbawa arus air hujan.

    “Sudah biasa, setiap hujan seperti ini. Sampah yang mengendap di saluran air meluap dan menutupi drainase sehingga menghalangi jalan,” ucap Ganjar, Rabu, (13/11/2019).

    Baca Juga: Hujan, Pos Masuk Jawa Barat “Off”

    Ganjar berharap, pemerintah lebih peka melihat kondisi ini. Tak hanya itu, kesadaran masyarakat pun harus lebih ditingkatkan dengan membuang sampah ditempat yang semestinya. Kondisi seperti ini seharusnya sudah bisa dipersiapkan jauh hari sebelum musim hujan datang.

    “Ini kan masalah klasik. Seharusnya dipersiapkan dengan antisipasi yang baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat. Insha Allah, kita akan melakukan gerakan jika diperlukan. Permasalahanya kan ini drainase yang tersumbat dan entah seperti apa teknisnya, yang jelas air meluap dan sampah berserakan di jalan menghalangi pengendara,” jelasnya.

    (Riza M Irfansyah/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img