spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    BI, Beredar Foto Uang Pecahan Rp 200 Ribu

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ditengah isu melemahnya rupiah, kini publik dikejutkan dengan beredarnya foto uang pecahan Rp 200 ribu yang tengah viral di sosial media (sosmed).

    Bank Indonesia pun menanggapi pertanyaan-pertanyaan terkait isu uang pecahan baru tersebut. Dalam akun Twitter resminya, BI menegaskan bahwa informasi tersebut tidaklah benar atau hoaks dan uang pecahan terbesar saat ini masihlah uang pecahan Rp 100.000.

    “#SobatRupiah untuk informasi tersebut tidaklah benar/HOAX, Bank Indonesia tidak menerbitkan uang pecahan Rp 200 ribu. Saat ini untuk uang pecahan terbesar adalah uang pecahan Rp 100.000,-. Informasi selengkapnya hubungi Contact Center BICARA (021) 131”.

    Baca Juga: Kantor KPU Kota Banjar Diduga Dijadikan Sarana Karaoke

    Isu uang pecahan Rp 200.000 ini ternyata sudah beredar sejak lama. Pada tahun 2016, isu yang sama dengan menggunakan gambar serupa pernah viral di media sosial. Saat itu, Bank Indonesia pun sudah pernah membantah kabar tersebut.

    “Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200 ribu, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara dalam keterangannya, Kamis (18/2/2016).

    Dia menilai, kemunculan pecahan uang kertas dengan pecahan Rp 200 ribu tersebut dilakukan pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Sebab selama ini, BI memiliki aturan jika ingin mengeluarkan pecahan baru dari mata uang rupiah.

    “Untuk tiap uang pecahan baru yang dikeluarkan, Bank Indonesia akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa dan website www.bi.go.id,” jelas Tirta.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img