spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Pesan Bupati Ciamis di Hari Pahlawan 2019

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarnya menuturkan, untuk menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan warga Negara Indonesia dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang. Hal tersebut disampaikan saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 2019 tingkat Kabupaten Ciamis di Lapangan Lokasana, Minggu (10/9/2019).

    Herdiat mengatakan, tema Hari Pahlawan pada tahun 2019 ini yakni Aku Pahlawan Masa Kini. Untuk itu, pahlawan masa kini yakni yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

    “Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan 2019, setiap orang patut memiliki semangat nasionalisme dan terus berinovasi melakukan langkah yang nyata dalam pembangunan Indonesia,” ujar Herdiat.

    Herdiat mengaku, setiap peringatan Hari Pahlawan, dirinya selalu diingatkan kepada peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945. Pertempuran di Kota Pahlawan, kata Herdiat, merupakan momen penting dalam merebut kemerdekaan.

    “Pada pertempuran di Surabaya, rakyat bersatu padu, pantang menyerah, melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” katanya.

    Dia mengatakan, peristiwa perang di Surabaya pada waktu itu mengingatkan kepada kita jika kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidak datang begitu saja. Tetapi memerlukan pengorbanan yang luar biasa.

    “Para pendahulu kita berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mengusir para penjajah. Sekarang kita tinggal mengisi kemerdekaan yang telah pahlawan perjuangkan. Sepatutnya kita menghargai jasa para pahlawan agar menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

    (Ibenk/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img