spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    7 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Perut kembung merupakan kondisi saluran pencernaan yang dipenuhi gas atau udara. Cara mengatasi yang tepat membuat perut terasa lebih lega.

    Umumnya beberapa orang langsung mencari pengobatan medis, termasuk konsumsi obat. Padahal, ada cara-cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kondisi tersebut.

    1. Air dengan perasan lemon
    Asupan air yang cukup jadi kunci pencernaan yang sehat. Banyak orang menganggap air saja tak cukup sehingga perlu ditambah perasan lemon untuk meningkatkan manfaat.

    Anda bisa mencoba air dengan perasan lemon untuk mengatasi perut kembung.

    Mengutip Bustle, sebuah studi pada 2011 menemukan, lemon bisa membantu mengurasi konstipasi dan kembung berkat kandungan serat larut di dalamnya.

    2. Teh peppermint
    Peppermint dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan mentol dan menton di dalamnya bersifat antipasmodik (relaksasi otot) dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

    Konsumsi teh peppermint dipercaya dapat membantu menghilangkan perut kembung dengan cepat. Peppermint merangsang sekresi asam pencernaan dan membantu mengeluarkan gas.

    3. Pisang
    Konsumsi makanan yang mengandung potasium bisa membantu mengatasi perut kembung. Pisang merupakan salah satu sumber potasium terbaik.

    Selain itu, Anda bisa mengonsumsi sumber potasium lain seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan alpukat.

    4. Pijat pada perut
    Memberikan pijatan pada perut bisa membantu pergerakan usus. Mengutip Medical News Today, beberapa langkah memijat perut dapat Anda coba.

    Tempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan. Gosok dengan gerakan memutar dengan tekanan ringan mulai sisi kanan tulang rusuk. Gosok lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri. Kemudian ambil gerakan perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri. Langkah ini bisa diulangi sesuai kebutuhan.

    5. Teh jahe
    Sekian lama jahe jadi andalan dalam ilmu pengobatan tradisional maupun modern. Jahe mengandung dua senyawa yakni gingerol dan shogaol untuk mengurangi peradangan usus.

    Saat perut kembung, sebaiknya rebus potongan jahe selama 10 menit. Minum air rebusan jahe untuk mengatasi perut kembung. Anda bisa menambahkan madu atau perasan lemon untuk menambah citarasa maupun manfaat.

    6. Mandi air hangat
    Mandi atau berendam air hangat bisa membuat perut lebih rileks. Relaksasi ini bisa menurunkan tingkat stres sehingga membuat fungsi saluran cerna lebih efektif bekerja dan kembung pun perlahan hilang.

    7. Kurangi makanan mengandung garam
    Kandungan natrium alias garam pada gorengan menyebabkan retensi cairan yang menjadi alasan utama terjadinya perut kembung.

    Natrium memengaruhi kemampuan ginjal untuk membersihkan tubuh dari cairan dan limbah. Menghindari makanan yang mengandung garam bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img