spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Jokowi Geram, LKPP Beli Pacul dan Cangkul dengan Mengimpor

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo mengaku geram dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang membeli barang seperti pacul dan cangkul dengan mengimpor.

    Jokowi meminta LKPP untuk memprioritaskan barang produksi dalam negeri ketimbang barang impor. Apalagi, jika memang industri dalam negeri bisa memproduksi barang tersebut, seperti pacul dan cangkul.

    “Misalnya urusan pacul, cangkul, masa masih impor?” kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, kutip kompas.com, Rabu (6/11/2019).

    “Apakah tidak bisa didesain industri UKM kita, kamu buat pacul tahun depan. Saya beli ini puluhan ribu cangkul,” tambahnya.

    Jokowi mengatakan, pacul hanya salah satu contoh barang yang bisa diproduksi dalam negeri tetapi justru diimpor. Masih ada ribuan contoh barang lain.

    “Enak banget itu negara yang di mana barang itu kita impor, padahal kita masih defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan,” ucap Jokowi.

    “Kebangetan banget, uangnya pemerintah lagi. Kebangetan kalau itu masih diteruskan, kebangetan,” pungkasnya.

    Jokowi menyadari kadang impor dilakukan karena barangnya lebih murah ketimbang harus mengembangkan sendiri di dalam negeri. Namun, impor yang terus-menerus akan membuat pertumbuhan lapangan kerja terhambat. Kondisi ini kemudian berujung pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img