spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kirim 33 Atlet ke Korea Selatan, KONI Jabar Berharap Pencairan ABT 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : KONI Jawa Barat bertekad untuk tetap mengirimkan atlet untuk menjalani training center dan uji tanding di negeri ginseng, Korea Selatan. Namun upaya KONI Jabar dalam meningkatkan performa para atlet jelang PON XX/2020 dengan berlatih di Korea Selatan masih terganjal dengan minimnya anggaran yang dimiliki.

    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menuturkan, pada tahun 2019 ini, pihaknya berencana mengirimkan sebanyak 33 orang atlet dari empat cabang olahraga ke Korea Selatan. Yakni dari cabang olahraga taekwondo, judo, dan gulat yang masing-masing 9 orang atlet serta 6 orang atlet dari cabang olahraga menembak.

    “Mengirim atlet ke Korea Selatan itu sudah sebuah keharusan karena masuk dalam MoU yang sudah kita tandatangani. Jadi ada anggaran atau tidak, kita harus kirim atlet kesana untuk berlatih dan melakukan uji tanding. Toh, ini untuk meningkatkan performa atlet menjelang PON XX,” ujar Ahmad saat ditemui di ruang kerjanya, gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (5/11/2019).

    Ke-33 atlet yang akan dikirim ke Korea Selatan, merupakan atlet yang berpotensi besar meraih medali emas di PON XX. Tak hanya itu, atlet-atlet tersebut sudah dipastikan lolos dan tampil di PON XX berdasarkan hasil babak kualifikasi yang sudah digelar.

    Untuk pengiriman 33 atlet tersebut ke Korea Selatan, lanjutnya, setidaknya dibutuhkan total anggaran sekitar Rp1,2 miliar. Biaya tersebut digunakan untuk keperluan akomodasi latihan, sewa gedung, hingga biaya kebutuhan sehari-hari atlet di Korea Selatan selama 1,5 bulan.

    “Itu sudah dibantu dengan kompensasi dari pihak Korea Selatan yakni Gyeongsanbuk-Do sesuai dengan kesepakatan yang tercantum di MoU. Tapi yang menjadi kendala, kita belum terpikir anggarannya darimana karena Anggaran Belanja Tambahan (ABT) dari APBD 2019 yang dijanjikan belum juga cair,” tegasnya.

    Seperti diketahui, KONI Jabar sudah mendapatkan kucuran anggaran dana hibah dari APBD Provinsi Jabar tahun 2019 sebesar Rp40 miliar. Dana tersebut sebagian besar digunakan untuk pelaksanaan latihan atlet di sekitar 60 cabang olahraga menghadapi babak kualifikasi PON XX serta pengiriman atlet menuju babak kualifikasi PON XX.

    Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan siap mengucurkan kembali dana hibah bagi KONI Jabar melalui ABT pada APBD 2019 sebesar Rp55 miliar. Janji dari orang nomor satu di Jabar tersebut diungkapkan pada saat Apel Besar Pelatda PON XX-Jabar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Agustus 2019 lalu.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img