spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Pilkades Serentak: Masyarakat Bakal Pilih Calon Visioner, Kreatif dan Inovatif

    GARUT, FOKUSJabar.id: Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang diikuti 125 Desa se-Kabupaten Garut tinggal tiga hari lagi. Tepatnya pada hari Selasa (5/11/2019).

    FOKUSJabar.id berhasil menghimpun beberapa pesan dan harapan dari sejumlah elemen masyarakat untuk para calon Kepala Desa (Kades).

    Bahkan, mereka juga bakal mengawal pesta demokrasi enam tahunan tersebut agar melahirkan pemimpin yang amanah, berwibawa, memiliki inovasi, kreatif visioner, bersinergi dengan lembaga desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

    Tak hanya itu, masyarakat juga menginginkan seorang Kades yang dapat menghilangkan permasalahan klasik yang biasa terjadi di kehidupan sosial dan transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD), bantuan Provinsi dan Dana Desa (DD).

    Artinya, dalam penyusunan perencanaannya harus dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan serta disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan berkelanjutan.

    Kades harus peka, menerima masukan (saran) dan mampu menggali sekaligus mengembangkan serta mengoptimalkan potensi yang ada. Pasalnya, keberhasilan daerah bergantung kepada Kades yang terpilih nanti.

    Atas dasar itu, mereka sepakat bakal menentukan pilihannya kepada calon Kades yang memiliki kredibilitas, integritas dan kapasitas yang berorientasi kepada pembangunan desa.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img