spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    TNI-Polri Bersinergi Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan aparat terkait Kabupaten Tasikmalaya, gelar apel gabungan persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019.

    Apel gabungan tersebut dipimpin langsung Kapolres Tasikmalaya, AKBP. Dony Eka Putra bertempat di halaman Mapolreskab Tasikmalaya, Jalan/Kecamatan Mangunreja, No1, Rabu (23/10/2019) kemarin.

    Kapolres mengatakan, pengamanan merupakan bagian terpenting dalam proses Pilkades yang akan digelar, Kamis (24/10/2019).

    ” Kita inginkan Pilkades serentak di 211 Desa di wilayah Kabupaten Tasikmalaya berjalan aman dan lancar. Ini tanggungjawab kita semua untuk menciptakan situasi yang kondusif. Kami akan melakukan tindakan tegas sesuai prosedur, jika ada yang melakukan pelanggaran,” tegas Kapolres.

    Menurut Kapolres, tingkat kerawanan Pilkades cukup tinggi. Baik dari tahap pencoblosan, penghitungan suara, pengumuman pemenang dan pascapemilihan. Semua itu tentu saja harus diantisipasi.

    ” Gesekan dan gangguan keamanan sering kali terjadi dalam proses Pilkades. Itulah kami bersama TNI hadir untuk menjaga situasi agar tetap terjaga dan kondusif. Dengan begitu, proses Pilkades berjalan sesuai harapan,” ujar Kapolres.

    Kapolres menyebut, apel gabungan tersebut untuk mengecek sekaligus mengevaluasi sejauh mana kesiapan melaksanakan tugas melakukan pengamanan di lapangan.

    ” Kita turunkan 450 personel. Dari Polres sebanyak 285 petugas, 165 (Polsek), dua Kompi Brimob Polda Jabar dan bantuan 140 personel TNI dari Kodim 0612 Tasikmalaya,” tuturnya.

    Dandim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Imam Wicaksana menambahkan, proses Pilkades mengundang banyak perhatian banyak orang dan berbagai kepentingan sehingga kerap terjadi gesekan yang mungkin akan mengganggu  pelaksanaan Pilkades.

    ” Kami berkolaborasi bersama pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkades Sewrentak,” kata Imam Wicaksana.

    ” Kami bersama Kepolisian bersinergi dalam menciptakan kondisi aman. Langkah pengamanan harus bersikap tegas dan profesional untuk menciptakan proses Pilkades yang aman, damai, lancar dan kondusif,” singkatnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img