spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    UPI Kejar Empat Target di Usia ke-65 Tahun

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Memasuki usia ke-65 tahun, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terus mengejar target sebagai The Education University dengan visi Leading and Outstanding (pelopor dan unggul). Setidaknya ada empat target UPI kedepan di usia yang ke-65 tahun.

    “Target UPI kedepan memasuki usia ke-65 tahun, pertama yakni melaksanakan pembelajaran berbasis digital karena itu sesuai dengan perkembangan jaman yang memasuki era revolusi industri 4.0,” ujar Rektor UPI, Asep Kadarohman saat ditemui di sela-sela acara Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di gedung Achmad Sanusi (BPU), kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (8/10/2019).

    Target kedua yang ingin dicapai UPI yakni bagaimana membentuk tenaga kependidikan, khususnya calon guru, yang siap dalam melaksanakan pembelajaran dalam konteks peran guru berubah.

    Seorang guru tidak hanya mampu melaksanakan konsep pembelajaran, namun harus mampu juga mendorong dan memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan sumber informasi yang bertebaran di dunia maya.

    “Target ketiga yakni peningkatan sarana prasarana perkuliahan baik itu gedung maupun sarana perkualiahan. Ini untuk mendukung ‘produk’ yang dihasilkan UPI semakin berkualitas kedepan,” tambahnya.

    Untuk target keempat yang tidak kalah penting yakni peningkatan kompetensi dosen di lingkungan kampus UPI. Baik di kampus UPI Bumi Siliwangi maupun di kampus-kampus daerah.

    “Karena tanpa kompetensi dosen yang bagus, maka suatu lembaga pendidikan itu pun tidak bagus. Salah satu upaya kita untuk meningkatkan kompetensi dosen yakni dengan menyiapkan beasiswa penyelesaian studi sehingga dosen kita berkualifikasi S3 serta mendorong semakin banyak guru besar,” tegasnya.

    Peringatan Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII UPI diawali dengan kegiatan di gedung Achmad Sanusi (BPU), kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung. Pada kegiatan tersebut, UPI memberikan penghargaan bagi tenaga kependidikan UPI berdedikasi, mahasiswa berprestasi UPI, serta beberapa pihak yang sudah ikut dalam perkembangan UPI hingga berusia 65 tahun.

    Peringatan pun dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di depan gedung Isola UPI. Mulai bazar yang diisi kampous daerah serta setiap bagian di Kampus UPI, pawai dari civitas akademika UPI, hingga pagelaran wayang golek.

    (ageng/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img