Sabtu 19 September 2020

Minggu Ini, FORKI Jabar Gelar Seleksi Akhir Pembentukan Tim Inti Pelatda PON XX

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sebanyak 19 orang atlet akan masuk sebagai tim inti Karate Jawa Barat yang dipersiapkan untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus Pra PON XX cabang olahraga karate yang rencananya digelar pada 4-6 November 2019 di Jakarta. Selain 19 atlet inti, pengurus provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jawa Barat pun akan menambah 6 atlet sebagai cadangan.

Untuk menentukan atlet inti dan cadangan tersebut,  Pengprov FORKI Jabar akan menggelar seleksi akhir pembentukan tim karate Jabar untuk Kejurnas/Pra PON XX – Karate. Seleksi tersebut akan digelar dalam satu hari di Sport Hall, kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Minggu (6/10/2019).

“Untuk seleksi akhir, kita memanggil sebanyak 37 orang atlet yang nanti akan disusutkan menjadi 25 atlet yakni 19 atlet inti dan 6 atlet cadangan,” ujar Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov FORKI Jabar, Arif Hardiana saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (3/10/2019).

Arif menambahkan, sebelum pelaksanaan seleksi dimulai, ke-37 atlet tersebut sudah menjalani sentralisasi persiapan seleksi akhir yang digelar FORKI Jabar pada 2-4 Oktober 2019. Ke-37 atlet yang dipanggil tersebut, selain yang sudah masuk dalam tim pelatda PON XX karate Jabar, termasuk atlet-atlet yang meraih prestasi di ajang kejurnas karate ‘Piala Panglima TNI VII/2019’ di GOR A Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, 13-16 September 2019 lalu.

Dari 37 atlet yang dipanggil tersebut, beberapa atlet menghuni kelas pertandingan yang sama. Baik di nomor kumite maupun di nomor kata.

“Kita ambil 25 atlet, termasuk 6 atlet cadangan, agar ada lawan tanding atau sparing partner sekaligus antisipasi jika atlet inti mengalami cedera atau hal lain yang tidak kita inginkan. Selain itu, atlet yang menghuni kelas yang sama, memiliki performa yang tidak jauh berbeda,” terangnya.

Meski merupakan seleksi akhir pembentukan tim Pelatda PON XX Jabar untuk Kejurnas/Pra PON XX-Karate, Arif mengaku jika penetapan ke-25 atlet tidak akan langsung diumumkan pada hari yang sama usai pelaksanaan seleksi. Pihaknya akan berembug dengan tim pelatih sekaligus menakar peluang medali serta calon lawan untuk Kejurnas/Pra PON XX-Karate di Jakarta hingga di PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.

“Intinya, kita akan memilih atlet terbaik dari yang paling baik dengan tetap berpedoman pada hasil seleksi serta pencapaian prestasi ayng sudah diraih masing-masing atlet. Ini semata-mata untuk mempertahankan gelar juara umum cabang olahraga karate yang kita raih pada PON XIX tahun 2016 silam,” pungkasnya.

Pelaksanaan seleksi akhir tim pelatda karate PON XX Jabar sendiri, dilakukan secara terbuka. Selain mengundang atlet, FORKI Jabar pun mengundang daerah asal serta perguruan asal atlet yang bersangkutan.

(ageng)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Terkena Pidana

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Tindakan tegas berupa ancaman pidana bagi para pelanggar...

Hari Pertama PSBM, Warga Cimahi Banyak Tak Pakai Masker

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kota Cimahi, aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bersama Kapolda Jawa Barat dan Pangdam III/Siliwangi...

Makam Eyang Cangragati Banyak Dikunjungi Peziarah

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Eyang Cangragati Banyak Dikunjungi Peziarah, Makam tempat disemayamkanya Eyang Cangragati yang berada di lingkungan Sawah Nusa Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis...

Wartawan Cirebon Sesalkan Sikap Polres Ciko Yang Terkesan Tertutup

CIREBON,FOKUSJabar.id: Pewarta di wilayah Cirebon mengaku kurang mendapat kemudahan dalam informasi pemberitaan dari Polres Cirebon Kota (Ciko). Baik pewarta dari media lokal maupun nasional. Para...

Polda Aceh Tetapkan Manajer PT KAI Tersangka Serifikat Tanah

BANDA ACEH,FOKUSJabar.id: Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus menetapkan Manajer Aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) berinisial...

Bandung United Mulai Persiapan Hadapi Liga 3 2020

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Tim Sepakbola Bandung United mulai menyiapkan diri menghadapi kompetisi Liga 3 regional Jawa Barat 2020 dengan berlatih di Lapangan Fanshop Mini Soccer Stadium,...

KLHK Minta Pemda Cabut Peredaran Tiga Jenis BBM di SPBU

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemerintahan daerah (Pemda) diminta berani mencabut peredaran tiga bahan bakar minyak yakni Solar, Premium dan Pertalite. Hal itu disebabkan tiga bahan bakar minyak...