spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Curugsawer Pangandaran Bisa jadi Destinasi Wisata dan PLTA

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebut Curugsawer tidak hanya menjadi sumber pengairan masyarakat, tetapi juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

    Demikian disampaikan Uu saat meninjau Curugsawer di Kabupaten Pangandaran, Jumat (13/9/2019).

    Curugsawer di Kabupaten Pangandaran bisa menjadi destinasi wisata dan PLTA (foto ist)
    Curugsawer di Kabupaten Pangandaran bisa menjadi destinasi wisata dan PLTA (foto ist)

    Pemprov Jabar, kata Uu, akan membangun bendungan guna menambah nilai dari Curugsawer. Bendungan itu nantinya akan memiliki tiga manfaat, yakni untuk pengairan sekitar 3 ribu hektar sawah, lokasi wisata dan menjadi tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

    “Menurut masyarakat, sawah yang diairi oleh bendungan itu lebih dari 3 ribu hektare. Jadi sudah menjadi kewenangan Pemprov Jabar. Selain itu, sudah banyak wisatawan yang datang,” kata Uu.

    Selain membangun bendungan, Pempov juga akan memperbaiki akses menuju Curugsawer, seperti menyelesaikan pembangunan jalan yang belum tuntas. Terlebih saat ini aksesnya masih sulit.

    “Ini tugas kami (Pemprov) mencari potensi wisata. Saya tidugaskan gubernur mencari minimal 10 potensi wisata per desa/kabupaten/kota yang menarik. Kami juga akan mengembangkan potensi agar bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img