spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Strategi bank bjb Hadapi Tantangan

    BALI, FOKUSJabar.id: Direktur utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bahwa bank bjb akan menerapkan tiga fokus utama sebagai strategi.

    Ketiga fokus itu yakni Reposisi Bisnis, Reorganisasi, dan Re-Engineering Teknologi Informasi.

    Reposisi bisnis, bjb akan mengembangkan bisnis pada sektor produktif yang mendorong perekonomian di masing-masing daerah, khususnya di Jabar dan Banten. Tentunya dengan tetap mempertahankan pangsa pasar dari captive market.

    Kemudian reorganisasi, hal ini tercermin dalam penyesuaian pada struktur organisasi demi mendukung implementasi dari strategi yang ditetapkan perseroan.

    Terakhir adalah re-engineering teknologi di mana bank bjb akan terus memperkuat infrastruktur, penggunaan dan pengembangan teknologi yang tepat dari sisi waktu dan kualitas dengan memperhatikan aspek user experience dan customer behavior.

    Perseroan saat ini tengah berfokus mengembangkan dan memperkuat layanan perbankan digital untuk percepatan bisnis dan peningkatan layanan kepada nasabah.

    “Lewat rencana pengembangan jangka pendek, bank bjb akan mengakselerasi produk dan layanan elektronik serta digital banking,” kata Yuddy di sela media gathering di Seminyak Bali, Sabtu (24/8/2019).

    Termasuk di antaranya pengemebangan e-money server based untuk transaksi menggunakan QR Code, perluasan fitur dari mobile banking bank bjb termasuk bjb Digi yang lebih user friendly.

    Kemudian integrasi bisnis digital dengan perusahaan fintech termasuk e-commerce dan self-service banking machine (e-kiosk) dan informasi melalui chat bot.

    Sedangkan untuk pengembangan jangka panjang, bank bjb akan mengoptimalkan kolaborasi dengan Pemda dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah, antara lain digitalisasi layanan publik dan pemerintah serta mendukung program smart city.

    Optimalisasi kolaborasi ini dilakukan di tengah berjalannya beberapa program kolaborasi dengan Pemda yang saat ini telah berlangsung, yakni layanan PBB-P2, e-Samsat, T-Samsat, Samsat J’bret, Sambat, IBC dan KKP.

    “Kami yakin dalam setiap perubahan akan selalu ada peluang, termasuk tantangan untuk dihadapi,” kata Yuddy di sela acara media gathering di Seminyak, Bali, Sabtu (24/8/2019).

    Bank bjb, kata dia, siap menghadapi tantangan-tantangan baru tersebut dengan optimis dan menganggap hal itu sebagai ajang pembuktian bahwa bank bjb memang perbankan yang adaptif dan dinamis merespon kebutuhan masyarakat.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img