spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Kamisan di Unigal Diisi Diskusi dan Kopi Ki Oyo Khas Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Galuh (Unigal) membudayakan semangat minum kopi sambil diskusi bareng setiap hari Kamis. Kegaiatan yang diinisiasi Pusat Kajian Ilmu Hukum dan BEM FH Unigal itu cukup menyita perhatian mahasiswa.

    Direktur Pusat Kajian Ilmu Hukum Unigal Hendra Sukarma mengatakan bahwa diskusi tidak hanya sekedar untuk memecahkan persoalan, lebih dari itu bisa menjadi ajang berbagi ilmu dan mencari inspirasi. Salah satu perangsang untuk mendapat inspirasi yaitu ditemani dengan kopi.

    “Setiap hari Kamis kita selalu mengadakan acara ngopi bareng sambil diskusi dalam sebuah meja rapat. Jadi ngobrol perkara ilmiah, tentang hukum tapi sambil ngopi.Program kerja mahasiswa juga terevaluasi,” kata Hendra, Kamis (8/8/2019).

    Diskusi yang digelar pun tidak selalu membahas perihal ilmiah. Obrolan mahasiswa dengan dosen ini pun terkadang membahas hal-hal yang menyangkut kehidupan mahasiswa. Menurut dia, hadirnya kopi membuat suasana antara dosen dan mahasiswa semakin akrab.

    “Ilmunya dapat, mahasiswa juga nyaman. Selain itu bisa promosi kopi khas Ciamis (Kopi Ki Oyo). Produksi kopi di Tatar Galuh ini sangat banyak. Jadi kami mengajak mahasiswa, dosen, dan masyarakat untuk membudayakan diskusi dan minum kopi,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua BEM FH Unigal Muhammad Galuh Firdaus menegaskan, Kamisan di FH Unigal yang diisi dengan diskusi dan minum kopi ini sangat memberikan banyak manfaat. Bagi mahasiswa, lanjutnya, mendapat ilmu tidak hanya dari kelas saja tetapi juga di luar kelas dengan berdiskusi.

    “Kemampuan berpikir kita kan terbatas, apa yang belum kita pikirkan terkadang sudah terpikirkan oleh orang lain, apalagi dengan dosen. Melalui diskusi ini, kita dapat alternatif baru untuk menyelesaikan masalah, selain itu kita juga bisa mendapat inspirasi dari teman diskusi,” kata Firdaus.

    Dia berharap Bupati Ciamis dan anggota dewan mau diajak diskusi sambil ngopi di acara Kamisan ini.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img