spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Kadisdik Ciamis : Bagi Guru PAUD, Berbicara Lantang Saja Merupakan Inovasi

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Ciamis Andang Firman Triyadi mengatakan, banyak sekali inovasi yang bisa dilakukan oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam proses belajar mengajar.

    Menurutnya, salah satu bentuk inovasi dari guru PAUD adalah berbicara lantang di depan murid. Dia menilai, jika guru PAUD mengajar dengan suara yang pelan akan menyulitkan anak untuk mencerna pelajaran.

    “Di PAUD itu kan banyak sekali yang bisa diinovasikan, berbicara lantang saja itu sudah merupakan satu inovasi. Karena kalau saja guru berbicara pelan, tidak akan kedengaran sama anak-anak,” kata Andang seusai memembuka acara Workshop Pengembangan pembelajaran inovatif guru PAUD di Hotel Priangan, Rabu (7/8/2019).

    Dia juga mengatakan, seorang guru PAUD harus terus berinovasi supaya murid dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Kemudian guru PAUD harus mampu memberi arahan kepada anak-anak agar mereka dapat mengenal potensi dirinya.

    “Di PAUD itu kan terdiri dari beberapa latar belakang yang berbeda-beda. Inovasi itu ditujukan bagaimana anak-anak itu bisa beradaptasi kemudian biasa hidup dalam satu suasana sosial mereka,” ujar Andang.

    Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis terus berupaya meningkatkankualitas guru PAUD. Andang berharap, guru PAUD lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pendidikan kepada anak. Hal itu harus dilakukan sebagai upaya agar Guru bisa membangun potensi siswa.

    Maka dari itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar Workshop Pengembangan pembelajaran inovatif guru PAUD. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 108 peserta perwakilan PAUD dari 27 kecamatan se Kabupaten Ciamis.

    (Ibenk)

    Berita Terbaru

    spot_img