spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Puluhan Pemuda Pangandaran Ikuti Pelatihan Pola Tanam Tanpa Tanah

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Puluhan pemuda antusias mengikuti pelatihan cara menanam Hidroponik yang diselenggarakan bidang Perindustrian, Sumber Daya Alam (SDA), lingkungan hidup, energi dan mineral DPD KNPI Kabupaten Pangandaran.

    Wakil Ketua Bidang Perindustrian, SDA, Lingkungan Hidup, Energi dan Mineral DPD KNPI Kabupaten Pangandaran, Wahyu Hidayat mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk mengenalkan metode baru cara bercocok tanam jenis sayuran kepada masyarakat.

    ” Saat ini, kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi sayur-sayuran mulai menurun,” ungkapnya, Jumat (26/7/2019).

    Selain itu, para pemuda sudah mulai tidak berminat untuk bertani. Oleh karena itu, pihaknya mengenalkan metode hidroponik. Dimana, tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak menggunakan media tanah.

    ” Jadi tidak perlu kotor-kotoran lagi,” jelasnya.

    Kelebihan lainnya, dapat menghemat waktu karena tidak harus menyiram tanaman setiap hari dan hasilnya pun akan jadi lebih higienis serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibanding bercocoki tanam di tanah.

    Menurutnya, dalam pelatihan tersebut, para peserta dibimbing mulai dari cara menyemai tanaman hingga ke cara memanen dan sistem hidorponik yang digunakan.

    (roby/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img