spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Dana Hibah Cair, KONI Kota Bandung Hati-hati Penyalurannya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kepengurusan KONI Kota Bandung akan sangat berhati-hati dalam penyaluran dana bantuan hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kepada Cabang Olahraga (Cabor).

    Saat ini, Pemkot Bandung sudah menyalurkan sebanyak 50 persen dana bantuan hibah KONI Kota Bandung dari total anggaran sekitar Rp34 milyar.

    ” Kita ucapkan terimakasih kepada Pemkot Bandung yang sudah mengucurkan dana bantuan tahap pertama sebesar 50 persen. Untuk itu, kita pun sedang menyiapkan panduan dalam penyaluran anggaran tersebut,” ujar Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi saat memberikan sambutan di acara Rapat Koordinasi dan Halal bi Halal di Prama Grand Preanger, Jaalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (2/7/2019).

    Untuk menyusun panduan tersebut, lanjutnya, pihaknya melibatkan semua bidang dalam kepengurusan KONI Kota Bandung. Di bidang organisasi, pihaknya sedang membahas standar operasional prosedur (SOP), tugas pokok dan fungsi (tupoksi), hingga job desk dari setiap bagian di KONI Kota Bandung.

    ”  Hal itu yang akan menjadi panduan bagi kami untuk melangkah menjalankan program kerja. Kami ingin, apa yang nanti kami keluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan. Termasuk dalam hal penggunaan anggaran,” terangnya.

    Di bidang pembinaan dan prestasi, pihaknya sudah menyusun draf dana operasional (DOP) yang akan diterima oleh setiap cabang olahraga. Draft tersebut pun akan dibahas bersama dengan cabang olahraga secara langsung melalui tahapan verifikasi yang dilakukan mulai Rabu (3/7/2019) besok.

    ” Kita sangat berhati-hati dalam penyaluran anggaran ini. Kami ingin clear secara organisasi dan sah secara hukum. Salah satu hal yang kami soroti yakni terkait keabsahan SK dari kepengurusan cabang olahraga. Semoga pada 12 Juli nanti, semua DOP cabang olahraga sudah bisa ditransfer,”

    Dalam peluncuran anggaran sendiri, Nuryadi mengaku akan meminta Badan Audit Internal (BAI) untuk senantiasa melakukan pengawalan. Dengan demikian, penyaluran bantuan dana hibah di KONI Kota Bandung pun tidak salah jalan.

    ” Tak hanya itu, kami pun berencana untuk meminta bantuan dan pengarahan pihak terkait dalam hal pengelolaan serta penyaluran anggaran. Tak hanya soal DOP yang akan kita luncurkan, tapi juga beberapa kegiatan seperti kejuaraan wali kota Bandung, pelatihan bagi pelatih cabang olahraga, hingga dukungan peralatan latihan,” tegasnya.

    Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku siap memberikan dukungan bagi pembinaan olahraga yang dilakukan KONI Kota Bandung. Salah satunya dalam hal penyaluran bantuan dana hibah.

    ” Kami hanya titip temen-temen (cabang olahraga) untuk berprestasi karena KONI adalah mitra strategis dalam olahraga. KONI jangan mikir apa-apa, berpikir saja untuk mencetak prestasi di bidang olahraga. Kami akan terus mendukung dan insha Allah untuk dana hibah tahun depan bisa lebih besar,” pungkas Yana.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img