spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Djarum Sirnas Premier Li Ning – Jabar Open 2019 Dibuka Hari Ini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kejuaraan bulutangkis ‘Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Premier Li Ning – Jawa Barat Open 2019’ dibukan  Senin (24/6/2019)  hingga Sabtu (29/6/2019). Laga menarik ini akan digelar di tiga GOR di Kota Bandung yakni GOR Bandung, Jalan Jakarta serta GOR Pajajaran dan GOR Tri Lomba Juang di Jalan Pajajaran Bandung.

    Ketua Bidang Turnamen, Perwasitan dan Referee Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Eddiyanto Sabarudin mengatakan, gelaran sirnas di Kota Bandung, Jabar, merupakan seri ketiga dari total delapan seri yang akan digelar tahun 2019. Selain itu, gelaran sirnas kali ini pun menjadi gelaran sirnas kategori premier kedua setelah gelaran di Purwokerto (Jateng) dari empat gelaran sirnas tahun 2019 katageori premier.

    “Sirnas Premier di Jabar kali ini diikuti oleh 1.255 atlet dari 165 klub asal enam negara dan menjadi rekor penyelenggaraan sirnas dengan jumlah peserta terbanyak. Sirnas kali ini akan menggelar sebanyak 1.276 pertandingan,” ujar Eddi saat sesi jumpa pers di Ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (23/6/2019).

    Eddi yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Monitoring Evaluasi Djarum Sirnas Premier Li Ning – Jawa Barat Open 2019 menambahkan, peta persaingan di gelaran sirnas kali ini dipastikan akan ketat. Pasalnya, selain atlet asal luar negeri, atlet-atlet pelatnas pratama pun dipastikan hadir untuk membela klubnya masing-masing.

    “Selain itu, atlet yang dipersiapkan masing-masing provinsi untuk babak kualifikasi PON XX pasti akan hadir sebagai ajang ujicoba. Di luar itu, gelaran sirnas di Pulau Jawa, khususnya di Bandung, Jabar, selalu jadi acuan bagi para atlet untuk memuluskan impian mereka lolos ke pelatnas bulutangkis di Cipayung. Jadi dipastikan persaingan akan ketat,” tegasnya.

    Hal senada diungkapkan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Jabar, Umar Djaidi. Umar sendkiri mengaku sangat kaget dengan jumlah atlet yang dikirimkan oleh klub-klub bulutangkis besar di Indonesia. Seperti klub Djarum yang mengirimkan 147 atlet dan Jaya Raya sebanyak 149 atlet, sekaligus menjadi dua besar klub yang mengirim atlet terbanyak.

    “Selain dua klub besar, Djarum dan Jaya Raya, klub-klub besar lain pun mengirimkan full team atau atlet utama mereka di sirnas kali ini. Seperti Exist, Mutiara, dan SGS Elektrik. Persaingan diantara klub besar itu pasti akan sangat ketat terutama di kelompok dewasa dan taruna yang digelar di GOR Bandung,” tambah Umar.

    Selain di kelompok dewasa dan taruna, lanjut Umar, persaingan ketat pun akan terjadi di kelompok remaja dan pemula yang digelar di GOR Pajajaran dan GOR Tri Lomba Juang. Kelompok remaja dan pemula, menjadi kelompok usia dengan jumlah atlet terbanyak.

    “Di remaja dan pemula, ada 16 atlet yang harus terlebih dahulu memperebutkan satu tiket di babak kualifikasi untuk bisa bermain di babak utama. Jadi gelaran sirnas di Jabar kali ini akan lebih gereget di masing-masing GOR karena seluruh klub memanfaatkan even ini untuk meraih poin dan memperbaiki peringkat,” tegasnya.

    Sementara Ketua Pelaksana, Gianto Hartono menuturkan, persiapan untuk pelaksanaan pertandingan Djarum Sirnas Premier Li Ning – Jawa Barat Open 2019 sudah mencapai 95 persen. Saat ini pihaknya sedang menyelesaikan penataan lapangan hingga pencahayaan. termasuk masalah parkir.

    “Kita ingin memastikan setiap GOR dan lapangan yang digunakan benar-benar qualified untuk gelaran Djarum Sirnas Premier Li Ning – Jabar Open 2019,” ujar Gianto.

    Gianto pun meyakinkan jika gelaran sirnas di Jabar kali ini akan berbeda dari pelaksanaan sirnas seperti biasanya. Pihaknya akan melakukan penayangan video dari kiprah setiap legenda bulutangkis di Indonesia. Seperti Rudy Hartono, Liem Swi King, Susi Susanti, hingga Taufik Hidayat.

    “Kita pun akan mengenalkan pariwisata dan seni budaya Jabar karena olahraga dan budaya itu harus bersinergi. Dan satu hal lagi, ada hadiah bagi penonton yang akan diundi setiap harinya dengan grand prize berupa sepeda motor, televisi 32 inch, hingga puluhan handphone. Mari tonton dan dukung atlet bulutangkis favoritmu serta dapatkan hadiahnya,” pungkasnya.

    (Ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img