spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Macan Gunung Sawal Terkam Hewan Peliharaan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sejumlah warga Desa Cikupa Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis mulai resah menyusul berkeliaranya kembali macan yang turun dari Gunung Sawal ke pemukiman warga. Macan turun gunung ini sudah berkali-kali di Cikupa. Namun sejauh ini memang belum ada korban jiwa.

    Informasi dari Kasi Ekbang Desa Cikupa Dodi Setiabudi, kecemasan warga tersebut cukup beralasan karena sudah dua minggu ini ada warga yang peliharaanya diterkam Macan.

    “Beberapa waktu lalu ada hewan peliharaan warga yang mati diduga diterkam Macan,” katanya. Minggu ( 16/6/2019 ).

    Dodi menuturkan, memang diakuinya diwilayah Desa Cikupa merupakan perkampungan yang berdekatan dengan Gunung Sawal tempat habitat dari Macan tersebut.

    “Macan yang memangsa hewan peliharaan warga memang belum bisa dipastikan apakah Macan Kumbang atau Macan Tutul,” ucapnya.

    Dodi berharap pihak pemerintah bisa membantu untuk mencarikan solusi keresahan masyarakat tersebut dengan membuatkan pagar pembatas diantara hutan yang dikelola masyarakat dengan hutan lindung tempat habitat Macan tersebut.

    “Karena kejadian turunya Macan dari Gunung Sawal kepemukiman warga sudah cukup sering maka kami meminta pemerintah membuatkan pagar pembatas agar Macan itu tidak turun sampai pemukiman warga,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img