spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Yana Sebut Bazar Murah Solusi Tekan Inflansi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id:  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah.

    Bazar digelar di Alun-alun Ujungberung, Jalan A.H. Nasution, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, 21-23 Mei 2019.

    Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah adalah solusi dari pemerintah dalam upaya menekan inflasi, khususnya di Kota Bandung.

    ” Semoga ini menjadi solusi konkret sehingga masyarakat tidak merasa panik akan terjadi kenaikan harga,” ujar Yana.

    Yana menyoroti tren Ramadan di Indonesia, dan juga Kota Bandung. Yaitu pola konsumsi masyarakat yang selalu meningkat. Momen ini kemudian sering dimanfaatkan para sekumpulan untuk menimbun barang kebutuhan pokok masyarakat. Akibatnya, para distributor akhirnya menaikkan harga barang.

    ” Hal ini secara tidak sadar didukung oleh perilaku masyarakat yang meyakini akan terjadi kenaikan harga saat lebaran, sehingga masyarakat melakukan konsumsi berlebih. Konsumsi yang berlebih ini, yang bisa memicu terjadinya kenaikan harga,” ucap Yana.

    Kang Yana sapaan akrabnya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli secara berlebihan kebutuhan pokok masyarakat.

    Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa juga meminta masyarakat Jawa Barat khususnya Kota Bandung agar tidak perlu panik akan harga pangan tiap menyambut Ramadan dan Idulfitri.

    ” Benar apa kata Pak Wakil Wali Kota. Tidak perlu panik, semua barang sudah aman. Karena kepanikan warga yang berujung konsumsi berlebihan akan memicu inflasi,” kata Iwa.

    Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriyah digelar di di Alun-Alun Ujungberung, Bandung pada Selasa (21/5/2019). Beberapa harga barang yang dijual antara lain:

    – Bawang Putih dijual per 1/2 kilogram Rp15.000.
    – Bawang Merah Rp20.000/kg
    – Aneka Sayuran serba Rp5000.
    – Paket Sembako Rp40.000
    – Beras Premium Rp12.000/kg.
    – Gula Pasir Rp11.500/kg.
    – Tepung Terigu Rp8000/kg.
    – Daging Rp78.000/kg
    – Ikan laut dan darat mulai dari Rp10.000

    Selain daftar di atas, dalam Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah juga menjual sejumlah kebutuhan lebaran lainnya seperti kue, makanan ringan, baju anak dan fesyen. Ada juga penukaran uang oleh Bank Indonesia.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img