spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Dekatkan Pelayanan, Samsat Ciamis Bersafari Ramadhan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Selama bulan suci Ramadhan Pusat Pengelolaan Pelayanan Daerah (P3D) Wilayah Kab. Ciamis, mengoptimalkan layanan Samsat Keliling (Samling) dan Samsat Gendong (Samdong) melalui program Safari Ramadhan.

    Kepala P3D Samsat Ciamis, H. Asep Suhendra mengatakan, ada delapan fasilitas Samling dan Samdong yang digerakkan ke daerah-daerah kecamatan pada bulan Ramadhan. Samling mendekati pusat-pusat keramaian sambil ngabuburit. Sementara Samdong, jemput bola langsung ke tempat yang tidak bisa dijangkau oleh layanan Samling.

    ” Kami juga memberlakukan sistim on-call. Jadi kalau ada yang mau bayar pajak, bisa kontek langsung dan petugas kami mendatangi, minimal ada 10 yang mau bayar, ” kata Asep, Sabtu (18/5/2019).

    Program Safari Ramadhan ini untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, juga untuk menggenjot realisasi penerimaan PAD sektor Pajak Kendaraan Bermotor.

    Samsat Keliling akan melayana pembayaraan pajak kendaran bermotor (PKB dan pengesahan STNK setiap tahun. Sementara untuk pembayaran pajak Bea Balik Nama Kendaran Bermotor (BBKNNB) dan penggantian STNK (daftar ulang kendaraan 5 tahunan) masih harus mengurusnya di Kantor Samsat Induk.

    ” Banyak sebenarnya program untuk mempermudaha cara bayar pajak, mudah dekat prakti dan bisa di mana saja bahkan bisa online, ngecek berapa nilai pajak yang harus dibayar saja bisa online, gak repot ko,” kata Aseo Suhendra.

    Dengan berbagai inovasi layanan termasuk layanan khusus bulan Ramadhan Samsat Ciamis sementara ini bisa menekan angka tunggak pajak kendaraan bermotor sebesar 20% dari 293 ribu kendaraan wajib pajak. “Tahun ini kedadaraan yang tidak atau belum daftar ulang kendaraannya tinggal 20 persen, ini menurun dari tahun sebelumnya,” kata Asep Suhendra.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img