spot_img
Minggu 2 Juni 2024
spot_img
More

    BIJB Siap Layani 17 Kloter Jamaah Haji

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka siap melayani jamaah haji Jawa Barat tahun 2019.

    Selain layanan penerbangan, asrama Embarkasi haji pun akan dibangun di Kabupaten Indramayu untuk mempercepat akses menuju BIJB.

    Direktur BIJB Muhammad Singgih menjelaskan, kewenangan penuh pembangunan embarkasi di Indramayu dilaksanakan Kementrian Agama (Kemenag).

    “Anggarannya sudah siap untuk membangun asrsma haji di Jabar. Wilayahnya belum dipilih, namun sebelum 2020 sudah dipastikan selesai. Di kementrian Agama mengatakan di Indramayu,” kata Singgih di Bandung, Sabtu (18/5/2019).

    Dia memastikan BIJB berada dalam kondisi siap melayani 17 kloter calon jamaah haji asal Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu pada ibadah haji 2019.

    Singgih menegaskan bahwa kesiapan melayani haji sebenarnya sudah siap sejak tahun lalu, namun panjang runway belum mencapai jarak tiga ribu meter.

    “Dari BIJB sudah siap, persoalan di kita itu soal runway, tapi kan sudah 3 ribu jadi sudah siap. Kemudian untuk kantor Airlines sudah disiapkan. Jadi sudah tidak ada masalah,” katanya.

    Direncanakan, dua maskapai besar yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airline menjadi pesawat yang menerbangkan 17 kloter calon haji dari Bandara Kertajati. Singgih menambahkan, pihaknya tengah menunggu sertifikasi runway.

    “Secara teknis sudah siap, tinggal menunggu sertifikasi runway, sudah diverifikasi. Hasil verifikasi sudah oke tinggal menunggu terbit sertifikasinya saja,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img