spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Emak-Emak di Ciamis Ikut Paket Kesetaraan B dan C

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Emak-emak di Desa Baregbeg Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan belajar yang diselenggarakan PKBM Bina Pandu Mandiri Ciamis di di Aula Kecamatan Baregbeg, Jumat (1/3/2019).

    Para emak yang merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Ciamis itu ikut belajar paket kesetaraan B dan C yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dan pendamping PKH Ciamis.

    Kordinator PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana mengatakan, program kesetaraan paket bagi KPM PKH ini dinamakan  biayanya ditanggung Pemkab Ciamis.

    ” Khusus di Desa Baregbeg ini, KPM PKH berjumlah 240 keluarga, sebanyak 45 KPM kembali belajar di paket B dan 59 orang di paket C,” kata dia, Jumat (1/3/2019).

    Berdasarkan data,  sekitar 11 ribu orang ibu rumah tangga yang masuk target bidikan program kesetaraan paket B dan C, secara bertahap akan diajak. Pihaknya akan terus mendorong peserta PKH itu bisa menyelesaikan wajib belajar 9 tahun, sehingga bisa meningkatkan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ciamis.

    “Semangat ibu-ibu untuk kembali sekolah ini akan memotivasi anak-anaknya terus mengenyam pendidikan. Terlebih dalam program ini emak-emak diajarkan life skill atau keterampilan sesuai kemampuannya masing-masing,” jelas dia.

    Sementara itu Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg Dedi Kusmana mengaku bangga warga Kecamatan Baregbeg antusias mengikuti program kesetaraan paket B dan C. Menurut dia, bantuan program tidak harus berupa materi untuk kebutuhan keluarganya, tapi bantuan program pendidikan kesetaraan ini lebih penting agar masyarakat tidak lagi berpendidikan rendah.

    Alhamdulillah setelah diberi motivasi, peserta PKH semakin semangat kembali bersekolah. Ini sebuah kebanggaan bagi kami,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img