spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Saung Madani Siap Memajukan Industri Kreatif Masyarakat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Saung Madani dari program gerakan masyarakat mandiri berdaya saing yang berbasis partisipasi masyarakat, siap menjadi pusat informasi, promosi dan pendampingan guna membina dan mengembangkan Klaster-klaster ekonomi yang ada di masyarakat.

    Demikian diungkapakan Ketua Saung Madani Kecamatan Cibeureum Omay Komarudin saat launching Saung Madani Cibeureum, di halaman kantor Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya Rabu (13/02/2019).

    Di wilayah Cibeureum, kata dia, cukup banyak Klaster-klaster dan industri kreatif masyarakat, salah satunya Oncom Cibeureum (Oci) yang bisa dikembangkan menjadi produk unggulan agar memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat.

    “Klaster Oci sudah diproduksi oleh masyarakat di setiap kelurahan dengan berbagai varian dan ini perlu dikembangkan, sehingga bisa menjadi klaster unggulan di Kecamatan Cibeureum,” kata Omay.

    Ke depan, kata Omay, Saung Madani akan melakukan pembinaan terhadap industri-industri kreatif lainnya, sehingga tidak terpaku dengan oncom.

    “Kita mau di Cibeureum ini ada inovasi dan pengembangan produk kreatif lainnya,” kata dia.

    Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Perekonomian Dan Pembangunan Pemkot Tasikmalaya Kuswa Wardhana mengatakan, Saung Madani merupakan program daerah yang bertujuan memberdayakan dan mengembangkan industri kreatif di masyarakat guna memperkuat ekonomi.

    “Ini adalah wadah bagi pelaku industri kreatif. Di sini masyarakat dituntut berinovasi dan lebih kreatif , sehingga bisa berkembang dan sejahtera bersama-sama,” jelas Kuswa.

    Dia pun berharap, klaster unggulan Oncom Cibeureum (Oci) bisa terus berinovasi agar mampu bersaing dengan produk unggulan lainnya.

    (Seda/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img