spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Bongkar Korupsi Sepak Bola, Jurnalis Ghana Ditembak Mati

    GHANA, FOKUSJabar.id: Seorang jurnalis Ghana, Ahmed Hussein-Suale ditembak mati oleh dua pria tidak dikenal. Hussein-Suale dikenal lantaran mengungkap praktik korupsi dalam dunia persepakbolaan di negaranya.

    Melansir CNN, Jumat (18/1/2018), menurut kuasa hukum dari tempat mendiang Hussein-Suale, Kissi Agyebeng insiden itu terjadi di dekat rumah korban di dearah pinggiran Accra, Madinah, Ghana. Saat itu mendiang tengah menyetir mobil dan dihampiri oleh dua lelaki yang berboncengan dengan sepeda motor.

    Kedua lelaki itu berhenti di sebelah mobil Hussein-Suale dan melepaskan tembakan dari jarak dekat. Hussein-Suale, tutur Agyebeng, meninggal seketika setelah tertembus peluru di bagian dada dan leher.

    Menanggapi insiden ini, polisi Ghana enggan memberi komentar.

    Hussein-Suale diketahui bekerja sebagai wartawan untuk organisasi Tiger Eye Pi, yang dijalankan oleh jurnalis investigasi Anas Aremeyaw Anas.

    Dalam sebuah pernyataan, Tiger Eye Pi mengatakan Hussein-Suale menerima ancaman pembunuhan setelah menyelesaikan film dokumenter tentang praktik suap dan korupsi di dunia sepakbola Afrika.

    Akibat karya jurnalistiknya, ketua Asosiasi Sepak Bola Ghana mengundurkan diri.

    Identitas Hussein-Suale, yang tadinya disamarkan, dibeberkan oleh seorang anggota parlemen Ghana, Kennedy Agyapong. Ia menunjukkan foto Hussein-Suale dan tempat tinggalnya dalam sebuah wawancara di stasiun televisi Ghana, TV NET 2.

    “Bocah itu (Hussein-Suale) sangat berbahaya, ia tinggal di Madinah. Jika Anda bertemu dengannya, lukai saja telinganya,” kata Agyapong.

    Dalam sebuah rekaman video, ia menyatakan akan membayar siapa saja yang menyerang Hussein-Suale.

    Hingga kini Agyapong masih belum bisa dihubungi untuk memberi komentar.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img