spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Picu Massa Bantai Warga Sikh, Politikus India Dibui Seumur Hidup

    INDIA, FOKUSJabar.id: Politikus dari Partai Kongres di India,SajjanKumar, dijatuhi hukuman penjara seumur hari Senin (17/12/2018) waktu setempat. Kumar Dinyatakan bersalah memicu massa untuk membunuh pengikut Sikh dalam dalam kerusuhan anti-Sikh pada 1984.

    Hakim di Pengadilan Tinggi di Delhi mengatakan Kumar selama ini lolos dari proses hukum karena koneksi politik yang ia miliki.

    Lebih dari 3.000 pemeluk Sikh tewas dalam kerusuhan yang pecah setelah pembunuhan Perdana Menteri Indira Gandhi oleh pengawalnya sendiri yang merupakan orang Sikh.Yang terburuk, terjadi di Delhi di mana lebih dari 2.700 pemeluk Sikh diyakini tewas.

    Nirpreet Kaur, yang ayahnya dibakar hidup-hidup oleh massa di depan matanya, tak kuasa menahan kegembiraan begitu hakim mengeluarkan keputusan, 34 tahun setelah meninggalnya sang ayah.

    Kepada wartawan BBC, Sarbjit Dhaliwal, Kaur mengatakan puas Kumar dihukum seumur hidup karena jika dihukum mati, “proses kematian Kumar akan berlangsung cepat, sementara dengan vonis penjara, ia akan menderita dalam periode yang lama”

    Kumar divonis bersalah setelah beberapa saksi mata menyatakan ia menggerakkan massa di kawasan Sultanpuri di Delhi.

    Seorang saksi mengatakan dirinya melihat Kumar berpidato di depan massa, menyatakan bahwa orang-orang Sikh telah membunuhnya ‘ibunya’, yang mengacu ke Indira Gandhi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img