spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    SBY Sebut Produk UMKM Ciamis Layak Diekspor

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut, banyak produk UMKM Ciamis yang layak diekspor. Dari beberapa pabrik yang dikunjunginya, banyak produk yang rasanya layak untuk dinikmati orang luar negeri.

     

    SBY menikmati hidangan Sale Pisang Ciamis (Foto Ibenk)
    Dalam kunjungannya ke Kabupaten Ciamis, Senin (26/11/2018), Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD)  melihat secara langsung proses produksi makanan ringan ” Sale Pisang ” di Toko Sukasenang, Jalan Raya Ciamis – Banjar, Kecamatan Cijeunjing.
    SBY datang bersama istri Ani Yudhoyono dan kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Mereka sempat menyicipi sale produksi Ibu Nunung itu.
    ” Kemarin saya dengan Ibu Ani menikmati Sale Pisang. Raos pisan (enak sekali),” kata SBY.
    Menurutnya, Sale produk Ibu Nunung yang dikenal sebagai Sale SBY mempunyai cita rasa yang khas. Saat dirinya menjadi Presiden kala itu, dirinya sering memesan sale Pisang Sukasenang, Ciamis untuk makanan jamuan Istana Negara.
    SBY ingin usaha makanan yang berbasiskan budaya seperti sale SBY terus tumbuh dan berkembang.
    ” Harusnya juga bisa diekspor  ke luar negeri. Jadi kita juga harus punya semangat, soal makanan, bangsa Indonesaia jangan hanya bisa mengimpor. Kita justru harus biasa mengekspor,” ujarnya.
    Dia menegaskan, akan terus mendorong usaha kecil usaha menengah, selain sale pisang supaya tidak hanya dinikmati oleh orang Indonesia saja.
    Selama tujuh hari ini SBY melakukan kunjungan ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar) dalam acara bertajuk Tour de Jateng dan Jabar. Dia mengaku, kunjungannya itu untuk bertemu secara langsung dengan masyarakat.
    Hari ini, Selasa (27/11/2018) SBY sedang menyapa warga dan kader Demokrat di Kota Tasikmalaya. Dia dan rombongqnnya akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.
    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img