spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Terdampar Massal , 145 Ekor Paus Mati di Selandia Baru

    SELANDIA BARU, FOKUSJabar.id: Sedikitnya 145 ekor paus pilot mati setelah terdampar secara massal di sebuah pulau terpencil di Selandia Baru pada akhir pekan.

    Melansir Reuters, Senin (26/11/2018), Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC) menyatakan 145 ekor paus pilot itu terdampar di sebuah pantai di wilayah Pulau Stewart, yang berjarak 30 kilometer dari South Island, Selandia Baru.

    Temuan paus tersebut pertama dilaporkan seorang pendaki yang berkemah di area itu pada Sabtu (24/112018) waktu setempat. Saat para personel DOC tiba, separuh dari paus-paus itu telah mati.

    Manajer Operasional Rakiura (nama lain Pulau Stewart) Ren Leppens, mengatakan bahwa paus-paus lain yang masih hidup terpaksa disuntik mati karena kondisi mereka yang sekarat dan lokasi temuan yang sangat terpencil.

    “Sungguh menyedihkan, kemungkinan untuk mengembalikan paus-paus lainnya ke laut sangat rendah. Bagaimanapun juga, ini selalu menjadi keputusan yang menyayat hati untuk diambil,” kata Leppens seperi dikutip Detik.

    Sebagai informasi, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang memiliki kasus paus terdampar paling tinggi di dunia. DOC menyatakan pihaknya menangani sedikitnya 85 kasus paus terdampar setiap tahunnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img