spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Kota Cimahi Pertanyakan Kualitas Aspal di Jalan Mahar Martanegara

    CIMAHI, FOKUSJabar co.id: Kerusakan aspal di Jalan Mahar Martanegara akibat banjir yang melanda kawasan tersebut dipertanyakan.

    Anggota DPRD Kota Cimahi Enang Sahri mengungkapkan bahwa kualitas aspal yang digunakan di Jalan Mahar Martanegara kurang memenuhi spesifikasi.

    Sebab, aspal jalan yang baru beberapa hari selesai dikerjakan itu sudah terkelupas akibat derasnya air luapan Sungai Cihapit. Bahkan kerusakan mencapai 150 meter.

    “Kita harus mengetahui spesifikasi aspal yang digunakan ini seperti apa, kualitas yang bagus atau yang biasa, atau justru yang jeleknya. Pengerjaannya bagaimana, jangan-jangan dikerjakan asal-asalan yang penting selesai,” ungkap Enang melalui sambungan telepon, Senin (12/11/2018).

    Kualitas aspal yang digunakan bisa dipertanyakan pada perusahaan pemenang proyek pada saat proses pembuatan aspal dengan Asphalt Mixing Plant (AMP).

    “Pada saat memproduksi aspal di AMP itu kan bisa dilihat campurannya seperti apa, ada aspal ditambah dengan material lainnya, apakah perbandingannya sesuai atau tidak. Bisa jadi tidak sesuai, akhirnya saat digunakan jadi seperti ini,” terangnya.

    Setelah pengerjaan selesai, ada tahap pemeliharaan jalan selama tiga bulan, untuk melihat kondisi jalan, dan memantau apakah ada kerusakan atau tidak.

    “Artinya, selama beberapa bulan ke depan ini masih tanggung jawab perusahaan, karena tahap pemeliharaan. Dengan kondisi seperti ini, mereka harusnya punya solusi soal kerusakan,” tegas dia.

    (Achmad Nugraha/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img