spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Obat Batuk Disalahgunakan Pelajar, Dinkes Cimahi Kesulitan Mengawasi

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Menanggapi pemberitaan tentang penyalahgunaan obat batuk Komix di kalangan pelajar, Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Elly Herlia mengaku kesulitan mengawasinya. Hal itu disebabkan obat jenis sirup itu dijual legal di pasaran.

    Dalam pemberitaan sebelumnya, penyalahgunaan obat batuk yang mengandung dextromethorphane tersebut mulai merebak di kalangan pelajar Cimahi.

    Untuk diketahui, mengonsumsi obat batuk yang mengandung dextromethorphane secara berlebihan akan berdampak pada halusinasi atau tak sadarkan diri.

    “Obat ini (Komix) sebenarnya aman dan tidak memabukkan jika digunakan sesuai anjuran, tetapi para pelajar sekarang mencari dampak halusinasi dengan menggunakannya secara berlebihan,” jelasnya.

    Saat ini, kata dia, Komix mengandung dextromethorphane sediaan campuran, atau berbeda dari sebelumnya yang mengandung dextromethorphane sediaan tunggal dan sudah ditarik.

    “Masalahnya, di dalam komix ini kan dextromthorphanenya sediaan campuran, jadi tidak bisa sembarangan ditarik dari pasaran,” kata Elly.

    Persoalan lainnya, obat tersebut dijual bebas di warung-warung tanpa penanggungjawab. Dengan begitu pelajar dengan sangat mudah mendapatkan obat tersebut dan disalahgunakan. Berbeda dengan di apotik yang dilengkapi penanggungjawab teknis kefarmasian.

    “Kalau ada yang beli berlebihan (di apotik) bisa dicurigai, di warung kan tidak begitu,” kata dia.

    (Achmad Nugraha/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img