spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    HJKB Harus Bangkitkan Spirit Ciptakan Kota Bandung Lebih Baik

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-208 diharapokan tidak hanya menjadi upacara seremoni semata. Namun harus ada sesuatu yang dipandang lebih penting. Dengan begitu, mampu menumbuhkan semangat menjadikan Kota Bandung lebih baik ke depannya.

    “Momen ulang tahun Kota Bandung ini diharapkan bisa membangkitkan spirit kita. Semisal, semangat menciptakan Bandung lebih baik,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HJKB ke-208 di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Selasa (25/9/2018)

    Wali Kota Bandung yang akrab disapa Mang Oded ini menuturkan, spirit tersebut bisa diperoleh dari keluarga besar R.A Wiranatakusumah II yang merupakan pemimpin dan perintis cikal bakal Kota Bandung. Dahulu, para leluhur merintis kota berjuluk Parijs Van Java ini dari yang asalnya hutan belantara.

    “Dulu Kota Bandung ini tina leuweung geledegan (hutan belantara) dan menjadi sebuah kota. Leluhur kita menata dengan luar biasa hingga sekarang menjadi sebuah kota seperti ini. Itu spirit yang harus kita ambil,” tambahnya.

    Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brillyana menuturkan, pada HJKB tahun ini tema yang diangkat adalah Bandung Semakin Unggul, Semakin Juara. Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menggugah semangat Kota Bandung untuk terus meningkatkan keunggulan di berbagai bidang maupun SDM.

    Tema tersebut pun diharapkan menjadi motivasi untuk semakin juara sebagaimana Visi Kepala Daerah Baru yakni Melanjutkan Bandung Juara yang Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

    “Tagline yang diusung adalah Bandung Sauyunan karena kami ingin membangun Kota Bandung ini bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali,” ujar Yayan.

    Sejalan dengan tema, logo yang dipilih pada peringatan HJKB 2018 sendiri yakni menggambarkan jembatan Pasupati. Jembatan merupakan pemersatu warga Kota Bandung untuk selalu mengedepankan keunggulan dan membuat Kota Bandung semakin juara. Sedangkan warna oranye pada jembatan merepresentasikan warga kota yang ceria, kreatif, dan inovatif.

    Sedangkan maksud dan tujuan penyelenggaraan HJKB yakni untuk mengenang dan melestarikan kebesaran peran sejarah Kota Bandung sebagai kota perjuangan. Selain itu, menumbuhkembangkan kesadaran, semangat dan rasa memiliki serta mencintai Kota Bandung, dan menumbuhkembangkan partisipasi, inovasi dan kreativitas seluruh masyarakat Kota Bandung.

    “Rangkaian acaranya telah dimulai dengan pengambilan video ucapan selamat Hari Jadi ke-208 Kota Bandung pada pekan lalu. Lalu ziarah ke makam leluhur pendiri Kota Bandung, Senin (24/9/2018) kemarin, uparaca peringatan pada hari ini (Selasa, 25/9/2018) yang dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda DPRD dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-208 tahun 2018,” tegasnya.

    Selain itu, berbagai acara pun disiapkan dalam rangka peringatan HJKB 2018. Diantaranya pelaksanaan Indonesian City Government PR Summit pada 4 Oktober 2018 mendatang, Bandung Light Festival pada 13 Oktober 2018 dengan peserta seluruh OPD dan Swasta di Kota Bandung, Bandung Halal Culinary pada 13 Oktober 2018), dan Bandung Great Sale mulai 14 Oktober 2018 sampai dengan 11 November 2018.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img