spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Tim Porda Kota Bandung Siap Raih 174 Medali Emas di Porda XIII Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 1.438 orang yang terdiri dari 948 atlet, 228 pelatih, 60 mekanik, 52 manajer, dan 150 ofisial sudah dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana untuk berjuang mempertaruhkan prestise Bandung Juara pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat di Kabupaten Bogor, 6-15 Oktober 2018 mendatang.

    Kontingen Kota Bandung sendiri menetapkan target 174 medali emas Porda XIII Jabar tahun 2018.

    Ketua KONI Kota Bandung Aan Johana mengatakan, menghadapi Porda XIII Jabar tahun 2018, Kota Bandung sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari dan saat ini sudah memasuki tahap finalisasi pemusatan latihan. Untuk gelaran multieven olahraga empat tahunan di Jabar tersebut, Kota Bandung akan mengandalkan mayoritas atlet hasil pembinaan pengurus cabang olahraga (pengcab) di Kota Bandung.

    BACA JUGA:

    Bojan Hodak Pastikan Persib Bandung Siap Hadapi Bali United

    “Kita akan mengikuti sebanyak 59 cabang olahraga dari total 60 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porda XIII nanti. Kita hanya tidak mengirimkan perwakilan atlet kita di cabang olahraga dansa,” ujar Aan saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Selasa (25/9/2018).

    Dari total 59 cabang olahraga tersebut, lanjutnya, Kota Bandung hanya mengikuti pertandingan di 628 nomor dari total 948 nomor yang dipertandingkan. Dari total nomor yang dipertandingkan tersebut, Kota Bandung menargetkan untuk bisa meraih minimal 174 medali emas sehingga bisa menyegel titel juara umum Porda XIII Jabar.

    “Kami memang tidak spesifik menargetkan peringkat di Porda kali ini. Target medali emas sudah kami perhitungkan secara objektif berdasarkan potensi atlet di setiap cabangolah raga yang kita ikuti,” terangnya.

    Aan mengaku, meski target medali emas tercapai, tidak menjadi jaminan bagi Kota Bandung untuk kembali meraih peringkat juara umum pada ajang Porda XIII Jabar tahun 2018. Pasalnya, beberapa daerah pun menargetkan raihan medali emas yang cukup fantastis di ajang Porda Jabar edisi ke-13 ini.

    “Seperti tuan rumah Kabupaten Bogor yang kabarnya menetapkan target 300 medali emas, ini sangat tidak masuk akal dan darimana. Tapi kalau pelaksanaan pertandingan di Porda XIII Jabar nanti berjalan dengan normal, sportif, dan menjunjung sportivitas tingga, Insha Allah dengan 174 medali emas itu kita bisa jadi juara umum,” tegasnya.

    Untuk perhelatan Porda XIII Jabar tahun 2018 sendiri, Aan mengaku sudah memiliki beberapa cabang olahraga unggulan yang cukup merata. Baik di cabang olahraga dengan nomor-nomor perorangan maupun di nomor beregu.

    “Di cabang olahraga perorangan, kita punya unggulan di cabang olahraga pencak silat, taekwondo, karate, judo, bulutangkis, panahan, atletik hingga renang. Lalu di cabang olahraga beregu, kita punya unggulan di bola voli, bola basket, sepakbola, futsal, hingga rugby. Jadi kekuatan kami di semua cabang olahraga cukup merata karena kita kirim atlet yang memang punya peluang meraih medali,” pungkasnya.

    Seperti diketahui, Kota Bandung selalu tampil sebagai favorit dalam setiap perhelatan Porda Jabar. Dari 12 kali penyelenggaraan Porda Jabar sebelumnya, Kota Bandung meraih titel juara umum di 10 kali pelaksanaan dan hanya dua kali gagal meraih juara umum yakni pada edisi ke-10 tahun 2006 di Kabupaten Karawang dan edisi ke-12 tahun 2014 di Kabupaten Bekasi.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img