spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kampung ODF Mendidik Masyarakat Berprilaku Hidup Sehat

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Indikator kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungannya yakni tertanamnya rasa mencintai dan menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

    Faktor terciptanya lingkungan sehat, salah satunya tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar di sembarangan tempat.

    Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Nendi Riswandi saat penilaian Kampung Open Defecation Free (ODF) di Kelurahan Cibeuti Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.

    ” Program Kampung ODF untuk membentuk prilaku hidup sehat masyarakat. Dengan begitu, mereka memiliki kesadaran untuk tidak membuang tinja atau kotoran di sembarang tempat demi menjaga lingkungan tetap sehat,” ujar Nendi.

    Menurut dia, sejauh ini masyarakat Kota Tasikmalaya masih banyak yang berprilaku kurang baik dengan membuang tinja sembarangan. Semisal di sungai, kali atau di selokan.

    ” Kita terus mendorong agar program ODF ini terus dikembangkan di wilayah Kota Tasikmalaya agar kesadaran masyarakat untuk hidup sehat semakin meningkat,” ucapnya.

    Lingkungan sangat berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat. Karena itulah kondisi lingkungan harus dijaga agar tidak tercemar dari kotoran manusia.

    ” Ada tiga faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan. Yakni, faktor keturunan (genetik), lingkungan serta faktor sarana prasarana yang memadai,” papar Nendi.

    Untuk menyukseskan program ODF lanjutnya, selain kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, dukungan pemerintah pun sangat diperlukan dengan menyediakan sarana yang memadai.

    ” Saya berharap Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa menyediakan dan memberikan bantuan jamban sehat atau septictank bagi keluarga yang kurang mampu atau di kampung-kampung yang tidak memiliki jamban sehat,” pungkasnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img